Ladang Cuan dari Bearded Dragon si Kadal Gurun Australia

tim | CNN Indonesia
Selasa, 31 Aug 2021 15:00 WIB
I Gusti Bagus Satriya Prawira punya hobi memelihara Bearded Dragon alias kadal gurun 'berjanggut' asal Australia mampu mendatangkan cuan buatnya. Bearded Dragon (iStockphoto/fotografixx)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dari hobi jadi ladang pundi. Rasanya ini mampu menggambarkan situasi yang dialami pemuda asal Bali, I Gusti Bagus Satriya Prawira. Hobi memelihara Bearded Dragon alias kadal gurun 'berjanggut' asal Australia mampu mendatangkan cuan buatnya.

Situasi pandemi membuat Satriya terpaksa menganggur. Namun lulusan kampus pariwisata Denpasar, Bali ini tidak lantas diam saja. Ia mulai menekuni hobi memelihara Bearded Dragon.

Bearded Dragon termasuk dalam genus Pogona. Disebut 'bearded' sebab di bagian leher bisa maju atau mengembang seperti janggut dalam beberapa situasi. Kadal ini memiliki ciri khas kepala berbentuk segitiga, tubuh pipih dan kulit bermotif. Meski tampak seram, kadal ini tergolong ramah untuk jadi peliharaan.


Melansir dari Everything Reptiles, Bearded Dragon mudah dirawat, makan sayuran dan serangga juga menikmati siraman sinar matahari.

Selama sekitar 2 tahun, Satriya mampu membiakkan kadal sebanyak 8 kali. Rata-rata penetasan ada sebanyak 18 ekor kadal.

Untuk harga kadal, tergantung dari bentuk, motif maupun 'morph'. Ada beberapa ciri genetik utama antara lain, hypomelanism (warna terang), translucents (kulit pucat, warna kontras dan mata hitam), leatherbacks (tekstur kulit sedikit kasar dan hampir halus), silkbacks (kulit sangat halus) dan German giants (ukuran besar dari ukuran kadal rata-rata).

"Kalau dari harga sih tergantung morphs. Contoh ini Translucents Rp2,5 juta sampai Rp9 juta ada. Ada super red hypo dari Rp900ribu sampai Rp2 juta," ujar Satriya.

Kadal-kadal yang dibiakkan Satriya sudah dipasarkan ke berbagai wilayah baik Bali maupun Pulau Jawa.

[Gambas:Video CNN]



(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER