7 Cara Membuat Anak Terbiasa Makan Makanan Sehat

tim | CNN Indonesia
Rabu, 01 Sep 2021 07:35 WIB
Orang tua wajib mengajarkan dan membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat. Berikut cara membuat anak terbiasa makan makanan sehat. Orang tua wajib mengajarkan dan membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat. Berikut cara membuat anak terbiasa makan makanan sehat.(Foto: iStock/simon2579)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu kunci daya tahan tubuh anak yang kuat adalah asupan yang bernutrisi tinggi. Orang tua wajib mengajarkan dan membiasakan anak mengonsumsi makanan bernutrisi untuk meningkatkan sistem imun anak.

Daya tahan tubuh yang kuat penting agar anak memiliki pertahanan diri terhadap penyakit. Apalagi saat ini sebagian anak sudah mulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Risiko terinfeksi virus pun semakin tinggi.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan anak mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Orang tua bisa melakukan sejumlah cara membuat anak terbiasa makan makanan sehat berikut ini.


1. Biarkan anak membantu menyiapkan makanan

Anak-anak bisa diajak ke dapur dan terlibat dalam proses menyiapkan makanan. Anak usia TK misalnya bisa diajak memilik sayur dengan warna-warna yang menarik untuk dijadikan sup. Anak usia SD bisa membantu mengaduk atau mengukur bahan.

Melansir dari Very Well Family, membiasakan anak terlibat di dapur membuat mereka mengerti proses pengolahan makanan dari bahan hingga ke meja makan. Dengan begitu, mereka akan lebih bertanggung jawab terhadap makanan yang dikonsumsi.

2. Pahami porsi sesuai keinginan anak

Jangan marahi anak jika makan tak sesuai porsinya. Seperti orang dewasa, anak juga mengalami perubahan nafsu makan. Jika nafsu makan anak tak kunjung membalik lebih dari tiga hari segera periksa ke dokter

Sediakan pilihan makanan sehat yang menggugah selera agar nafsu makan anak meningkat. Biarkan anak eksplorasi dengan rasa juga tekstur makanan. Jadikan makan sebagai pengalaman yang menyenangkan, bukan menimbulkan trauma.

3. Ajak anak fokus pada makanannya

Sebaiknya biasakan anak untuk fokus saat makan. Artinya, anak duduk dan menikmati aktivitas makan, bukan makan sambil menonton televisi atau mengakses gawai. Makan dibarengi dengan distraksi seperti ini membuat anak sulit mendeteksi rasa kenyang sehingga rentan membuatnya makan berlebihan (overeating).

Kemudian, ingatkan anak untuk mengunyah makanan dengan perlahan. Cara ini juga bisa membantu anak mendeteksi rasa lapar dan kenyang. Beri jarak 15 menit setelah porsi pertama sebelum memutuskan memberikan porsi kedua. Jeda waktu ini memberikan kesempatan otak untuk mengolah rasa kenyang.

Simak cara membuat anak terbiasa makan makanan sehat selanjutnya di halaman berikut.

7 Cara Membuat Anak Terbiasa Makan Makanan Sehat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER