5 Hal Penting Buat Orangtua Saat Anak Belajar Tatap Muka

tim | CNN Indonesia
Senin, 30 Agu 2021 13:30 WIB
Sekolah dan belajar tatap muka sudah dimulai. Berikut lima hal yang perlu diperhatikan sebelum anak kembali ke sekolah dan belajar tatap muka. Sekolah dan belajar tatap muka akan segera dimulai. Berikut lima hal yang perlu diperhatikan sebelum anak kembali ke sekolah dan belajar tatap muka. (Istockphoto/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah sekolah mulai memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas untuk para muridnya setelah hampir satu tahun tujuh bulan menerapkan sistem belajar di rumah akibat pandemi Covid-19.

Pembatasan memang masih dilakukan, bahkan sejumlah sekolah memberlakukan pembelajaran tatap muka hanya selama tiga jam dengan jumlah murid terbatas.

Tak bisa dipungkiri kembali melepas anak ke sekolah dalam suasana pandemi tentu memunculkan berbagai kekhawatiran bagi orangtua. Praktisi psikolog anak dan remaja, Alzena Masykouri menyebut ada lima hal yang perlu diperhatikan para orang tua sebelum melepas anak ke sekolah agar terbebas dari rasa cemas dan khawatir. 


Berikut lima hal yang perlu diperhatikan sebelum anak kembali ke sekolah dan belajar tatap muka. 

1. Pastikan Anak Paham Protokol Kesehatan

Apakah anak sudah paham untuk menjaga kesehatan dan menjalankan semua protokol kesehatan yang berlaku selama di sekolah?

Pertanyaan ini yang mesti dijawab para orang tua dengan terus membimbing anak-anak terkait protokol kesehatan.Misalnya rajin mencuci tangan, tetap memakai masker di dalam kelas, tidak bersalaman atau bersentuhan dengan orang lain, sampai makan bekalnya sendiri.

"Sebaiknya orang tua melatih dan mengamati sampai anak mampu melakukannya secara mandiri, tanpa pengawasan atau diingatkan oleh orang tua," kata Alzena saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (30/8).

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Yang Harus Diperhatikan saat Anak Belajar Tatap Muka

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER