4 Menit 15 Detik, Rumus Sempurna Telur Rebus Setengah Matang

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 04/09/2021 13:29 WIB
Seorang ahli statistik dari Universitas Nottingham mengungkapkan rumus untuk membuat telur rebus yang sempurna. Seorang ahli statistik dari Universitas Nottingham mengungkapkan rumus untuk membuat telur rebus yang sempurna. (iStockphoto/LoveTheWind)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sama seperti steak, telur rebus juga punya tingkat kematangannya sendiri. Dari telur setengah matang sampai telur matang sempurna, semua orang punya pilihannya masing-masing.

Hanya saja, beberapa orang lebih suka telur rebus setengah matang agar bagian kuningnya masih cair alias runny egg yolk. Namun tak mudah untuk membuat telur rebus setengah matang yang sempurna.

Penelitian yang dilakukan oleh James Hind, ahli statistik Universitas Nottingham dengan meneliti 1.500 orang menyebut bahwa telur rebus yang sempurna harus dimasak tepat selama 4 menit 15 detik. Setelahnya harus dicelupkan ke dalam air dingin selama 57 detik.


Selain itu, mengutip Daily Star, pastikan air mendidih sebelum memasukkan telur ke dalamnya.

"Sangat, kami suka telur kami menjadi berair, tetapi bukan putihnya. Semoga formula saya akan memungkinkan orang untuk menyempurnakan dan menikmati makanan yang sangat nyaman," ucapnya.

Tak dimungkiri, tak mudah untuk membuat telur rebus yang sempurna. Dalam hal ini sempurna berarti kuning telurnya masih cair dan putih telurnya sudah matang.

Kuning telur yang masih cair ini bisa dipakai sebagai dipping atau celupan garlic bread yang dipanggang kering juga terasa makin gurih. Berani membuktikan teori ini?

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK