Rumus GEMBIRA Kak Seto Tetap Bugar dan Awet Muda di Usia 70

tim | CNN Indonesia
Jumat, 03 Sep 2021 14:29 WIB
Seto Mulyadi atau Kak Seto lincah berjoget di ulang tahun yang ke-70. Berikut rumus GEMBIRA Kak Seto tetap bugar dan awet muda di usia 70. Meski masuk kategori lansia, Kak Seto tetap bugar dana awet muda serta lincah menari bersama anak-anak.(Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

B - Bersyukur

Elemen yang tidak kalah penting adalah ibadah, doa, sehingga selalu ada kedekatan dengan Yang Maha Esa. Kak Seto memilih berpasrah sebab dia yakin semua sudah ada yang mengatur.

Misalnya, saat beberapa anggota keluarga Kak Seto sempat positif Covid-19 beberapa waktu lalu. Sementara, Kak Seto yang seminggu di luar kota, terkonfirmasi negatif. Meski membingungkan, ia memilih untuk menghadapinya dengan tenang dan penuh rasa syukur.

I - Istirahat

Kak Seto selalu tidur selama 8 jam tiap malam. Pukul 10 malam ia sudah beranjak tidur, kemudian salat subuh, dan kembali tidur hingga pukul 6 pagi. Biasanya, setelah bangun ia mulai berolahraga.


R - Rukun

Sangat penting menjalin kerukunan dengan keluarga juga teman. Jika ada persoalan apapun dipecahkan baik dalam forum besar atau forum kecil.

Ia rutin mengadakan sidang Majelis Permusyawaratan Rumah (MPR) dengan seluruh anggota keluarga termasuk anak cucu. Sedangkan jika ada masalah tertentu, dia mengadakan forum kecil atau sidang 'Kabinet Terbatas' dengan sang istri.

A - Aktif berkarya

Lanjut usia lekat dengan masa pensiun yang rileks, tenang, tidak banyak aktivitas. Namun Kak Seto memilih untuk tetap aktif berkarya termasuk menulis di media, menciptakan lagu, dan ikut kegiatan sosial.

"Saya masih melakukan riset untuk jabatan guru besar, tapi ini masih menunggu. Kata dosen di Universitas Gunadarma, batas waktu [untuk riset maupun jabatan] itu 70 tahun. Ini sedang kontak Dirjen, katanya ada kok 71 tahun masih bisa [jadi guru besar]," kata Kak Seto.

Itulah rumus GEMBIRA Kak Seto tetap bugar dan awet muda di usia 70 tahun.

(els/ptj)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER