Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat pada Pria

tim | CNN Indonesia
Minggu, 12 Sep 2021 15:15 WIB
Pria lebih mungkin berjerawat dibanding perempuan. Anda dapat melakukan sejumlah cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada pria. Pria lebih mungkin berjerawat dibanding perempuan. Anda dapat melakukan sejumlah cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada pria.(Foto: iStockphoto/kyonntra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pria termasuk kelompok orang yang lebih mungkin berjerawat dibandingkan perempuan. Anda dapat melakukan sejumlah cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada pria.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Anthony Handoko menjelaskan secara anatomi laki-laki memiliki kelenjar minyak yang lebih besar dan banyak.

"Laki-laki kelenjar lemaknya lebih banyak dan besar. Semakin banyak dan besar produksi minyak juga semakin banyak. Jika jalannya minyak terhambat, maka dapat menjadi jerawat," kata Anthony kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, kelenjar minyak juga berhubungan dengan hormon laki-laki yakni androgen. Saat hormon meningkat, produksi minyak pun semakin tinggi.

Minyak yang tak bisa keluar dari pori-pori, misalnya terhambat karena kulit mati, kotoran, dan debu dapat menjadi jerawat. Bakteri juga bisa memicu jerawat semakin meradang.

Berikut cara menghilangkan jerawat pada pria:

1. Jaga kebersihan wajah

Ilustrasi pria cuci mukaCara menghilangkan jerawat pria dapat dilakukan menjaga kebersihan kulit dengan ruitn mencuci muka.(Foto: iStock/Peopleimages)

Pastikan kebersihan kulit terjaga dengan baik. Selalu cuci muka dua kali sehari saat pagi dan sebelum tidur. Pastikan semua minyak dan kotoran sudah terangkat.

2. Hati-hati saat mencukur

Hindari mencukur pada bagian atas jerawat karena dapat membuat kulit menjadi iritasi dan jerawat semakin meradang.

3. Perhatian ekstra pada punggung

Jerawat juga kerap muncul pada punggung pria. Gunakan pembersih untuk bisa mencapai bagian punggung Anda. Pastikan kebersihan punggung terjaga.

4. Terapkan gaya hidup sehat

Terapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi seimbang. Hindari konsumsi makanan cepat saji, makanan tinggi, gula, garam, dan lemak, serta tidak merokok. Lakukan pula olahraga yang teratur, tidur yang cukup, dan kelola stres.

5. Obat jerawat

Jika sudah memperhatikan kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat, tapi jerawat tak juga hilang, Anda bisa mencoba ke dokter kulit untuk mendapatkan obat jerawat.

"Jerawat adalah penyakit yang bisa diobati sama seperti penyakit kulit lainnya," kata Anthony.

Dokter akan memeriksa kondisi jerawat dan memberikan pengobatan yang tepat. Pengobatan biasanya berupa kombinasi obat jerawat seperti obat minum dan obat luar, serta tindakan seperti peeling dan suntikan.

Simak cara menghilangkan jerawat secara alami dan cara menghilangkan bekas jerawat pria di halaman berikut ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Pria secara Alami

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER