Cara Tepat dan Waktu Terbaik untuk Cuci Muka

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 18/09/2021 14:03 WIB
Frekuensi mencuci muka masing-masing orang bisa berbeda bergantung kebutuhan dan aktivitas. Lantas kapan waktu terbaik untuk cuci muka yang lebih efektif? Waktu terbaik untuk cuci muka yang lebih efektif (Foto: iStockphoto/pondsaksit)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidak hanya menyegarkan, mencuci muka juga dianggap bisa menghilangkan sisa kotoran dan keringat di wajah terutama setelah beraktivitas.

Mengutip Allure, kegiatan mencuci muka dalam satu hari umumnya dilakukan dua kali yakni ketika pagi dan malam.

Jumlah tersebut bukanlah ketentuan baku. Bisa jadi orang akan melewatkan salah satunya atau justru mencuci muka lebih sering bergantung masing-masing aktivitasnya.


Terlepas dari banyak pendapat tersebut, lantas kapan waktu terbaik untuk cuci muka yang lebih efektif? Bagaimana pula cara mencuci muka yang benar? Berikut penjelasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.


Waktu Terbaik untuk Cuci Muka

Below view of a woman washing her face in the bathroom.Waktu terbaik untuk cuci muka, pagi atau malam hari (Foto: Istockphoto/skynesher)

Menurut dokter spesialis kulit Medical Center New York Joshua Zeichner dan ahli bedah estetika di Beverly Hills Jason Emer, sepakat bahwa waktu mencuci muka biasa pagi dan malam.

Keduanya meyakini, mencuci muka baik itu pagi atau malam, sama-sama mempunyai manfaat masing-masing dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

  • Manfaat cuci muka pagi hari

Kelebihan mencuci muka di pagi hari dengan sabun dapat mengangkat sisa kotoran dan minyak yang mengendap di kulit saat tertidur.

Misalnya sebelum tidur malam Anda memakai produk skincare atau sel kulit mati menempel di wajah dari sarung bantal, sampai debu-debu kecil dari sirkulasi AC kamar, maka mencuci muka membantu untuk membersihkannya, mengutip Instyle.

Manfaat lain mencuci muka di pagi hari juga membuat kulit wajah jadi segar, terhidrasi, dan lebih siap menerima zat aktif dari skincare pagi supaya efektif.

  • Manfaat cuci muka malam hari

Sementara manfaat mencuci muka di malam hari dengan sabun sangat bagus untuk membersihkan pori-pori wajah dari sisa makeup, kotoran, debu atau polusi setelah beraktivitas seharian.

Mencuci muka sebelum tidur seringkali menjadi pilihan tepat sebelum mengaplikasikan skincare malam. Mengaplikasikannya di atas permukaan kulit yang bersih akan meningkatkan efektivitas skincare.

Rajin mencuci muka di malam hari juga bisa membantu merawat wajah supaya terhindar dari permasalahan kulit seperti komedo atau jerawat yang diakibatkan bakteri.

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk cuci muka sebenarnya bisa kapan saja. Terlebih saat pagi atau malam hari karena kedua waktu tersebut mempunyai manfaat tersendiri.


Cara Tepat Mencuci Muka

ilustrasi perawatan wajahCara tepat mencuci muka agar wajah benar-benar bersih dan siap untuk diaplikasikan skincare maupun makeup (Foto: Istockphoto/ PeopleImages)

Dilansir Healthline, proses mencuci muka yang lebih maksimal tidak cukup dengan air biasa. Terutama jika sebelumnya Anda menggunakan riasan atau makeup.

Agar pembersihan lebih maksimal, ikuti cara tepat mencuci muka berikut ini.

1. Bersihkan dengan cleanser

Tahapan awal sebelum mencuci muka yaitu menggunakan cleanser pembersih khusus wajah. Seperti micellar water, milk cleanser, atau makeup remover pada kapas.

Bahan lembut dari pembersih ini membantu menghilangkan kotoran dan residu makeup hingga pori-pori yang tak terjangkau dengan air biasa.


2. Gunakan sabun muka sambil dipijat 

Tahapan selanjutnya, gunakan sabun pembersih muka yang telah disesuaikan dengan kondisi kulit. Bisa sambil memijat lembut dengan jari atau dengan alat facial massager.


3. Bilas dengan air hangat

Kemudian bilas perlahan dengan air hangat bila memungkinkan supaya pori-pori wajah terbuka, lalu basuh kembali menggunakan air biasa yang mengalir sampai bersih.


4. Keringkan dengan handuk

Gunakan handuk khusus yang tidak sama dengan handuk badan. Bisa memakai handuk kecil berbahan lembut untuk mengeringkan wajah sambil ditepuk-tepuk perlahan.


5. Memakai pelembap malam

Tahap akhir yaitu mengaplikasikan pelembap malam yang teksturnya ringan sehingga mudah meresap, atau skincare malam lainnya sesuai kebutuhan kulit wajah Anda.

Waktu terbaik untuk cuci muka memang bisa pagi atau malam hari. Asalkan cara membersihkannya tepat supaya kulit wajah tetap terawat dengan baik.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK