7 Makanan yang Harus Dibatasi Saat Umur 40 Tahun Ke Atas

tim, CNN Indonesia | Rabu, 15/09/2021 09:33 WIB
Salah satu cara menjaga agar menua dengan sehat adalah dengan menjaga diet atau asupan makan, ada makanan yang harus dibatasi saat umur 40 tahun. Salah satu cara menjaga agar menua dengan sehat adalah dengan menjaga diet atau asupan makan, ada makanan yang harus dibatasi saat umur 40 tahun.(forwimuwi73/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menua bukan sesuatu yang bisa dihindari, tapi Anda punya pilihan untuk menua dengan sehat. Salah satu caranya tentu dengan menjaga diet atau asupan makan, ada makanan yang harus dibatasi saat umur 40 tahun.

Selain menjaga diet dengan nutrisi seimbang, ada beberapa jenis nutrisi atau elemen pangan yang sebaiknya mulai 'direm'. Konsumsi berlebihan bakal memupuk masalah kesehatan dan bisa bermanifestasi pada sejumlah penyakit kronis yang membahayakan kesehatan.

Berikut makanan yang harus dibatasi saat umur 40 tahun:


1. Asam folat

Asam folat merupakan jenis vitamin B yang banyak ditemukan pada kacang-kacangan, sayuran hijau dan sereal fortifikasi. Phyllis Famularo, ahli diet dengan spesialis gerontologi (ilmu yang mempelajari tentang penuaan), menjelaskan asam folat membantu tubuh memproduksi sel baru dan buat ibu hamil berguna untuk mencegah kecacatan pada janin.

"[Tapi] beberapa penelitian menunjukkan terlalu banyak asam folat pada orang dewasa tua dapat mengakibatkan neuropati perifer (sejenis kerusakan saraf)," jelas Famularo mengutip dari Livestrong.

2. Zat besi

Penting untuk memenuhi kebutuhan zat besi (iron) demi mencegah anemia, kemudian memastikan pasokan oksigen ke seluruh sel tubuh. Namun seiring pertambahan usia, kebutuhan zat besi tidak sebanyak saat masih muda bahkan kadang tak pasti jumlahnya. Makanan yang harus dibatasi saat umur 40 tahun dalah makanan yang terlalu banyak mengandung zat besi.

Saat tubuh memperoleh zat besi melebihi kebutuhan, malah memicu masalah kesehatan. Kelebihan zat besi akan menumpuk di jaringan terutama hati, pankreas, jantung, persendian dan otak. Ini akan berkontribusi pada kanker tertentu dan diabetes.

Dilansir dari Mayo Clinic, zat besi banyak ditemukan pada daging merah, boga bahari, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah kering, dan makanan olahan fortifikasi. Sebaiknya kontrol konsumsi jenis pangan ini agar asupan zat besi terkendali.

Makanan yang harus dibatasi di usia 40 tahun masih ada di halaman selanjutnya...

Makanan yang harus dihindari saat usia 40 tahun ke atas

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK