7 Rempah Pengganti Garam untuk Diet Sehat

CNN Indonesia | Minggu, 19/09/2021 08:49 WIB
Terlalu tinggi asupan garam meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Berikut rempah pengganti garam untuk diet. Ilustrasi. Ada beberapa rempah yang bisa digunakan sebagai pengganti garam untuk diet. (iStockphoto/artisteer)
Jakarta, CNN Indonesia --

Terlalu tinggi asupan garam meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Berikut rempah pengganti garam untuk diet.

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak berbagai hidangan sebagai perisa asin.

Akan tetapi, makanan terlalu tinggi garam kerap dikaitkan pada masalah kesehatan serius, seperti hipertensi. Dengan demikian, penting untuk membatasinya.


Konsumsi garam sendiri memang tidak langsung menambah berat badan. Tapi, dapat meningkatkan retensi air atau menahan air dalam tubuh dan berdampak pada kenaikan berat badan.

Dikarenakan erat kaitannya pada masalah kesehatan, Anda dapat beralih menggunakan rempah atau jenis garam lebih sehat. Berikut merujuk Healthline.

1. Bawang putih

Pedagang bawang putih menjajakan dagangannya di Pasar Induk Kramat Jati. Jakarta, Sabtu, 10 Oktober 2020.CNN Indonesia/ Adhi WicaksonoIlustrasi. Bawang putih bisa menjadi salah satu rempah pengganti garam untuk diet. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)

Bawang putih termasuk bumbu rempah yang dapat meningkatkan rasa pada masakan, namun tidak menambah kandungan natrium.

Garam yang biasa digunakan ke dalam masakan sebaiknya dikurangi jadi sedikit, lalu beri tambahan bawang putih supaya rasanya tetap terjaga.

2. Lemon

Tidak hanya memberi sensasi segar pada hidangan, lemon yang masih ada kulitnya bisa dijadikan alternatif garam.

Pasalnya, sumber asam pada lemon mampu bekerja mengeluarkan rasa seperti pada garam. Sehingga masakan pun tetap memiliki rasa.

3. Lada hitam

Ground Black Pepper and Peppercorns with wooden spoon and scoop.Studio shot on June, 18, 2018Ilustrasi. Tak hanya berperan sebagai rempah pengganti garam untuk diet, lada hitam juga mengandung antioksidan yang sehat. (Istockphoto/khouwes)

Lada hitam biasanya digunakan sebagai campuran sup untuk memberi rasa hangat karena adanya piperin. Selain itu, bubuk lada hitam ini juga bisa dijadikan pengganti garam.

Tak hanya menguatkan cita rasa pada masakan, lada hitam berperan sebagai antioksidan yang menimbulkan efek antiinflamasi.

4. Dill

Dill menjadi salah satu rempah pengganti garam untuk diet. Dill sendiri dikenal juga sebagai daun adas sowa yang bentuknya seperti daun pohon cemara dengan aroma menyengat khas.

Selain berguna sebagai pengganti garam, dill seringkali dijadikan campuran ke dalam hidangan seafood untuk menghilangkan amis dan memberi aroma segar.

5. Bubuk bawang kering

Ilustrasi BawangIlustrasi. Sebagai rempah pengganti garam untuk diet, bubuk bawang jenis apa pun dapat memberikan rasa gurih pada makanan. (Meditations/Pixabay)

Bubuk bawang putih, bawang merah, bombay, secara alami dapat memberi rasa gurih dan asin pada masakan.

Anda bisa mengandalkan bubuk rempah bawang-bawangan ini ke dalam masakan untuk alternatif sodium.

6. Cuka balsamik

Cuka balsamik atau balsamic vinegar mempunyai rasa yang kuat, asam, dan sedikit manis. Menuangkan beberapa tetes cuka balsamik ke dalam masakan bisa meningkatkan rasa.

Efek lain cuka balsamik ini dapat memunculkan rasa alami makanan, sehingga meminimalisir kebutuhan garam.

7. Rosemary

Fresh rosemary isolated on white backgroundIlustrasi. Tak hanya memberikan aroma, rosemary juga dapat dijadikan rempah pengganti garam untuk diet. (iStockphoto/dlerick)

Rosemary segar atau kering kerap ditemui pada hidangan steak daging, saus, pasta, untuk meningkatkan aroma.

Dibalik itu, bubuk rosemary juga bisa menjadi pengganti garam. Terlebih jika Anda sedang membuat menu MPASI untuk makanan bayi.

Selain mengandalkan rempah pengganti garam untuk diet seperti yang disebutkan di atas, Anda masih tetap bisa menggunakan garam pada menu masakan harian, tapi jumlahnya dibatasi.

Menurut Kemenkes, batas konsumsi garam dewasa per hari 5 gram atau satu sendok teh dan anak-anak dikurangi lebih banyak dari takaran dewasa, yaitu setengah atau seperempatnya.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK