3 Objek Wisata di Kaimana yang Bisa Saingi Raja Ampat

CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 10:24 WIB
Wisata bahari di Provinsi Papua Barat tak terbatas Raja Ampat, karena da Kaimana yang juga tak kalah istimewa. Pemandangan Teluk Triton di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. (Irfak via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0))
Jakarta, CNN Indonesia --

Menjadikan daerah sebagai destinasi wisata internasional memang tak mudah. Namun bicara soal potensi wisata, maka Kabupaten Kaimana di Provinsi Papua Barat memiliki itu, bahkan bisa menyaingi Kabupaten Raja Ampat yang lebih dulu terkenal.

Bupati Kaimana, Freddy Thie, mengatakan salah satu visi misinya selama menjabat sebagai kepala daerah adalah menjadikan Kaimana sebagai destinasi wisata.

Demi merealisasikan impian itu, tentu harus ada sesuatu yang bisa "dijual" dari kawasannya.


Potensi wisata yang pertama di Kaimana, kata dia, ialah Kampung Esrotnamba, kampung yang terletak di pesisir danau di tengah hutan pedalaman Kaimana.

Di tengah danau itu terdapat ratusan gugusan pulau karang yang eksotis dan indah dipandang mata.

"Raja Ampat punya gugusan pulau di laut, tapi Kaimana punya gugusan pulau di danau yang berada di tengah hutan. Masyarakatnya juga masih sangat tradisional yang belum tersentuh kehidupan modern," ujar Freddy di Manokwari, Papua Barat, kepada CNNIndonesia.com pada Rabu (15/9).

Untuk mencapai Kampung Esrotnamba bahkan harus menggunakan pesawat amfibi yang pendaratannya dilakukan di atas air, lantaran belum ada landasan pacu maupun helipad di sana.

Selain pesawat amfibi, kampung ini juga bisa dijangkau menggunakan transportasi laut. Jika mendayung menggunakan perahu tradisional, butuh satu hari kemudian berjalan kaki selama dua hari untuk sampai.

Selanjutnya, Kaimana memiliki Kolam Sisir. Objek wisata ini masuk enam besar kategori wisata unik se-Indonesia versi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...





3 Objek Wisata di Kaimana yang Bisa Saingi Raja Ampat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK