7 Manfaat Kulit Kentang: Tingkatkan Imun dan Anti Kanker

tim, CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 07:55 WIB
Jangan buang kulit kentang. Sebaiknya, makan kentang dengan kulitnya. Berikut sejumlah manfaat kulit kentang yang baik untuk kesehatan. Jangan buang kulit kentang. Sebaiknya, makan kentang dengan kulitnya. Berikut sejumlah manfaat kulit kentang yang baik untuk kesehatan.(Foto: Pixabay/Maddox74)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jangan buang kulit kentang. Sebaiknya, makan kentang bersama dengan kulit-kulitnya. Pasalnya, terdapat sejumlah manfaat kulit kentang yang baik untuk kesehatan.

Studi menunjukkan kulit kentang kaya akan nutrisi. Kulit kentang mengandung 40-50 persen serat. Selain itu, kulit kentang kaya akan fenolat, riboflavin, asam askorbat, asam folat, dan vitamin B6.

Semua kandungan dalam kulit kentang ini baik untuk kesehatan.


Berikut manfaat kulit kentang:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kulit kentang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang keduanya berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Anti kanker

Kulit kentang mengandung senyawa fenolik yang dapat mengikat karsinogen atau zat pemicu kanker. Sifat anti karsinogenik ini dapat membuat kulit kentang mencegah pertumbuhan kanker di dalam tubuh.

3. Menurunkan kolesterol

Kulit kentang juga dapat menurunkan kolesterol berkat kandungan polifenol dan glycoalkaloids. Studi pada hewan menunjukkan kulit kentang memiliki sifat hiperglikemik dan menurunkan kolesterol.

4. Menjaga kesehatan mata

Ilustrasi mataManfaat kulit kentang adalah dapat meningkatkan kesehatan mata.(Foto: freemagebank)

Konsumsi kulit kentang juga mengurangi kerusakan lensa mata yang terkait dengan diabetes. Kulit kentang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kulit kentang mengandung potasium dan mineral yang dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Potasium berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

6. Baik untuk diet

Kulit kentang kaya akan serat. Konsumsi kentang bersama dengan kulitnya dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat kenyang tahan lama. Oleh karena itu, kulit kentang baik untuk diet karena membuat orang makan lebih sedikit.

7. Baik untuk kesehatan tulang

Kulit kentang mengandung mineral penting untuk tulang seperti magnesium, fosfor, kalsium, dan zat besi. Semua mineral ini berperan dalam menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

National Institutes of Health menunjukkan, makan kulit kentang dapat menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis pada perempuan pascamenopause.

Itulah manfaat kulit kentang untuk kesehatan.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK