Resep Mudah Membuat Kue Bulan

tim, CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 20:50 WIB
Festival Musim Gugur di China juga disebut Festival Kue Bulan sebab perayaan tidak lepas dari sajian kue bulan. Berikut resep kue bulan atau mooncake. Festival Musim Gugur di China juga disebut Festival Kue Bulan sebab perayaan tidak lepas dari sajian kue bulan. Berikut resep kue bulan atau mooncake. (iStockphoto/Toa55)
Jakarta, CNN Indonesia --

Festival Musim Gugur atau dalam bahasan Mandarin 'Zhong Qiu Jie' tahun ini jatuh pada Selasa (21/9). Festival ini juga disebut Festival Kue Bulan sebab perayaan tidak lepas dari sajian kue bulan. Berikut resep kue bulan.

Kue ini berbentuk silinder dengan besar dan ketebalan beragam. Isian kue bulan berbeda-beda menurut wilayah. Adapun isian kue termasuk biji lotus, daging, kacang merah, kemudian yang modern ada coklat, vanila atau es krim.

Sebagaimana dilansir Taste Asian Food, pada dasarnya bahan kue bulan terdiri dari empat elemen yakni, golden syrup, air lye, minyak sayur dan tepung.


Golden syrup merupakan campuran glukosan dan fruktosa. Biasanya dibuat dari gula biasa yang dipanaskan bersama perasan lemon. Namun Anda bisa memperolehnya dari supermarket atau diganti dengan madu.

Kemudian air lye (kansui) merupakan air dengan kandungan alkali dan menetralisir rasa asam dari golden syrup. Ini pun bisa diganti dengan air yang didihkan bersama baking soda. Menurut Gimme Yummy, untuk 240 mililiter air perlu 1/2 sendok teh baking soda.

Berikut resep kue bulan atau mooncake.

Bahan:

65 gram golden syrup atau madu
20 gram minyak canola
100 gram tepung khusus untuk kue
1/4 sendok teh air lye
Telur yang dikocok untuk olesan

Isian:

Isian bisa berupa pasta cokelat, pasta biji lotus, kuning telur.

Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk atau mixing bowl, uleni tepung, golden syrup, air lye dan minyak canola. Uleni secara manual atau dengan alat elektronik. Tutup rapat adonan dan masukkan ke kulkas selama 40 menit.

2. Sembari mengistirahatkan adonan, buat isian kue menjadi bulatan. Sisihkan.

3. Setelah semua siap, bentuk adonan menjadi bulatan dengan ukuran dua kali lipat bulatan isian.

4. Gunakan kertas roti, taburkan tepung lalu mulai isi adonan dengan isian yang disiapkan. Pastikan adonan menutup isian.

5. Siapkan cetakan dan tempatkan adonan yang sudah ada isinya. Ulangi sampai adonan habis.

6. Panaskan oven di suhu 375 derajat fahrenheit (190 derajat Celcius). Panggang kue selama 5 menit.

7. Keluarkan dari oven lalu oles dengan kocokan telur. Kembalikan kue ke oven dan panggang selama 8-10 menit hingga berwarna coklat keemasan. Kue pun siap disajikan.

(els/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK