3 Cara Diet yang Mudah dan Menyenangkan

CNN Indonesia | Sabtu, 25/09/2021 08:38 WIB
Diet tak selalu harus menyiksa. Ada cara diet yang mudah dan menyenangkan yang bisa Anda coba. Ilustrasi. Ada cara diet yang mudah dan lebih menyenangkan untuk dilakukan. (iStockphoto/RossHelen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai pantangan saat proses menurunkan berat badan seringkali membuat seseorang putus asa dan berujung gagal diet.

Padahal, ada banyak cara diet yang mudah, tidak menyiksa serta menyenangkan.

Melansir Healthline, kunci utama keberhasilan diet yaitu dimulai dari hal-hal sederhana. Berikut di antaranya.


1. Mengurangi karbohidrat

Langkah sederhana pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mulai mengurangi segala bentuk makanan tinggi karbohidrat secara bertahap.

Contohnya, jika terbiasa mengonsumsi nasi putih dalam porsi penuh, Anda bisa mengurangi jadi setengahnya. Setelah terbiasa, coba beralih mengganti nasi putih ke nasi merah atau shirataki.

Memangkas asupan karbohidrat bermanfaat supaya tubuh dapat membakar lemak dari cadangan energi yang tersimpan.

Selain itu, mengontrol jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh sangat efektif dalam menurunkan berat badan.

2. Perbanyak asupan serat dan protein

Healthy food: fresh organic vegetables in a crate isolated on white background. Vegetables included in the composition are kale, tomatoes, squash, asparagus, celery, broccoli, eggplant, onion, lettuce, carrots, corn, potatoes, ginger root, Bok Choy, cauliflower, bell pepper, edible mushrooms, radish, among others. High resolution 48,2Mp studio digital capture taken with Sony A7rII and Sony FE 90mm f2.8 macro G OSS lensIlustrasi. Memperbanyak asupan protein dan serat menjadi salah satu cara diet yang mudah dan menyenangkan. (istockphoto/fcafotodigital)

Cara diet yang mudah memang bisa disiasati sedemikian rupa. Sederhananya yaitu fokus memperbaiki asupan makanan yang lebih sehat dan bergizi.

Tubuh sangat memerlukan makanan dengan protein dan kaya serat. Terlebih bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Makanan tinggi protein mampu meningkatkan kerja metabolisme tubuh dalam membakar lemak, menguatkan massa otot, sampai meredam keinginan ngemil.

Sementara makanan berserat dapat memberikan efek kenyang lebih lama, mencegah konstipasi, mengontrol gula darah, serta memaksimalkan penyerapan nutrisi.

3. Aktif bergerak

Setelah memperbaiki asupan makanan, tahap selanjutnya yaitu membuat tubuh aktif bergerak. Misalnya mengerjakan pekerjaan rumah, berkebun, bersepeda, naik turun tangga, atau berjalan santai.

Sempatkan juga berolahraga rutin, tapi tak perlu yang terlalu berat. Anda bisa mulai dari olahraga ringan seperti menari, aerobik, joging, sampai latihan HIIT yang lebih berat.

Perlu diingat bahwa pola diet sehat tidak hanya berpusat pada berat badan yang turun secara signifikan. Tapi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

ilustrasi diet rendah proteinIlustrasi. Dengan cara diet yang mudah, berat badan Anda akan turun dengan sehat. (iStockphoto/kitzcorner)

Dengan mengonsumsi makanan bergizi, kemampuan tubuh pun akan maksimal, mudah berkonsentrasi, atau tidak mudah sakit.

Sementara dengan aktif bergerak, tubuh akan lebih bugar yang efeknya dapat memperbaiki suasana hati sampai meningkatkan kualitas tidur.

Cara diet yang mudah dan sehat tentunya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, hal ini mungkin kurang efektif untuk kondisi berat badan tertentu seperti penderita obesitas.

Terlebih jika Anda memiliki penyakit penyerta. Maka sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dulu untuk mendapat jenis diet yang lebih efektif.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK