Kapan Waktu Paling Tepat Pakai Kontrasepsi?

tim, CNN Indonesia | Minggu, 26/09/2021 14:37 WIB
Mencegah kehamilan tak melulu soal tak menginginkan kehamilan mendadak, tapi juga program KB. Akan tetapi kapan waktu terbaik menggunakan alat kontrasepsi? Mencegah kehamilan tak melulu soal tak menginginkan kehamilan mendadak, tapi juga program KB. Akan tetapi kapan waktu terbaik menggunakan alat kontrasepsi? (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu cara mencegah kehamilan adalah menggunakan alat kontrasepsi. Penggunaan alat kontrasepsi juga telah dianjurkan sejak lama, bahkan oleh tenaga medis dalam hal ini dokter Kandungan.

Mencegah kehamilan tak melulu soal tak menginginkan kehamilan mendadak, tapi juga sebagai program keluarga berencana.

Dokter Kandungan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Boy Abidin mengatakan semua alat kontrasepsi aman digunakan. Meski demikian penggunaan alat kontrasepsi apapun harus sesuai anjuran dokter. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan menggunakan alat kontrasepsi.


"Jadi kalau ada permasalahan hormon atau permasalahan di rahim itu bisa diketahui, mana yang paling pas digunakan, alat kontrasepsi mana yang bisa dipakai," kata Boy saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui telepon, Selasa (21/9).

Akan tetapi kapan waktu terbaik menggunakan alat kontrasepsi?

1. Setelah melahirkan

Boy mengatakan untuk wanita yang baru melahirkan dianjurkan segera menggunakan alat kontrasepsi 40 hari setelah melahirkan. Memang banyak orang beranggapan alat kontrasepsi baru bisa dipakai saat menstruasi kembali datang dan pendarahan pascamelahirkan telah selesai.

Tapi kata Boy, untuk alat kontrasepsi seperti IUD baiknya dipasang di vagina tak berapa lama setelah proses bersalin selesai.

"Artinya kalau dia sudah bisa kontak seksual, dia sudah bisa menggunakan kontrasepsi. Tidak usah menunggu haid, artinya dia sudah bisa kita proses begitu dia selesai melahirkan," kata Boy.

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Kapan sih waktu tepat pakai kontrasepsi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK