Studi: Konsumsi Lemak Susu Kurangi Risiko Sakit Jantung

tim, CNN Indonesia | Kamis, 23/09/2021 12:05 WIB
Studi menunjukkan konsumsi lemak susu dapat membantu mengurangi risiko mengami penyakit jantung dan pembuluh darah. Studi menunjukkan konsumsi lemak susu dapat membantu mengurangi risiko mengami penyakit jantung dan pembuluh darah.(Foto: iStockphoto/baibaz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Studi menunjukkan konsumsi lemak susu dapat membantu mengurangi risiko mengalami penyakit jantung. Lemak susu merupakan kandungan lemak yang terdapat dalam produk susu seperti susu, yogurt, keju, dan sebagainya.

Studi terbaru yang dipublikasikan di jurnal PLOS Medicine ini menunjukkan orang yang mengonsumsi banyak lemak susu memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dibanding orang dengan asupan lemak susu yang rendah.

Hasil studi ini didapat setelah peneliti menganalisis 4.150 orang berusia 60 tahun di Swedia. Swedia merupakan negara dengan tingkat produksi dan konsumsi susu tertinggi di dunia.


Lihat Juga :

Para peneliti menganalisis kesehatan partisipan selama 16 tahun. Peneliti mengamati berapa banyak orang yang yang mengalami penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke, dan gangguan peredaran darah lainnya. Peneliti juga menyesuaikan dengan faktor risiko lain seperti usia, pendapatan, gaya hidup, dan pola makan.

Peneliti juga membandingkan temuan mereka dengan 17 penelitian lain dengan total 43 ribu partisipan dari AS, Denmark, dan Inggris.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lemak susu yang tinggi berisiko paling rendah mengalami penyakit kardiovaskular. Mereka juga tidak mengalami peningkatan risiko kematian dari berbagai penyebab.

"Penelitian kami tidak menunjukkan bahaya apa pun dari lemak susu itu sendiri. Kami menemukan mereka dengan lemak susu tertinggi memiliki risiko penyakit kardiovaskular terendah," kata peneliti senior di George Institute for Global Health, Sydney, Matti Marklund, dikutip dari CNN.

Meski baik untuk kesehatan jantung, peneliti menyebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami manfaat kesehatan secara menyeluruh dari lemak susu dan makanan olahan susu.

Asupan lemak susu juga mesti diimbangi dengan asupan gizi seimbang lainnya dan juga gaya hidup untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK