Sejarah Kontrasepsi: dari Batu, Kulit Hewan hingga Masa Kini

tim, CNN Indonesia | Minggu, 26/09/2021 18:20 WIB
Alat kontrasepsi sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Berikut sejarah alat kontrasepsi dari batu, kulit hewan hingga masa kini. Alat kontrasepsi sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Berikut sejarah alat kontrasepsi dari batu, kulit hewan hingga masa kini.(Foto: iStockphoto/andrewsafonov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Alat kontrasepsi telah menjadi bagian hidup manusia modern. Banyak yang menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, membuat perencanaan keluarga hingga mencegah penularan penyakit melalui hubungan seksual.

Namun jauh sebelum itu, kontrasepsi sudah digunakan sejak zaman Mesir Kuno dan Mesopotamia. Dikutip dari Pandia Health, tata cara pembuatan alat kontrasepsi pertama kali ditemukan dalam gulungan papirus yang berasal dari masa Mesir Kuno dan Mesopotamia.

Dalam gulungan itu disebutkan pembuatan alat kontrasepsi dilakukan dengan memanfaatkan madu, daun akasia dan juga serat yang digunakan sebagai alat penutup serviks agar sperma tak masuk ke rahim.


Orang Mesir Muno juga memperpanjang pemberian ASI kepada anak mereka dari yang seharusnya selesai di usia 2 tahun menjadi 3 tahun. Hal ini, dipercaya bisa mengendalikan kehamilan.

Mereka juga melakukan mencoba penggunaan alat kontrasepsi ke hewan. Tepatnya ke unta betina dengan memasukan kerikil ke dalam rahim hewan tersebut.

Hal ini dilakukan untuk melihat apakah hal tersebut benar bisa mencegah kehamilan dan bisa diterapkan kepada manusia di kemudian hari.

"Unta yang hamil sangat lemah dan tidak kuat berjalan jauh. Jadi penerapan alat kontrasepsi juga diberlakukan ke hewan untuk melihat kemampuannya," kata Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana, Jakarta Pusat, Andon Hestiantoro kepada CNNIndonesia.com, Jumat (24/9).

Praktik pada unta ini disebut menjadi asal usul IUD yang digunakan saat ini.

"Kemudian berkembang, berkembang sampai sekarang, di mana alat kontrasepsi yang dari usus atau dari uji coba unta itu jadi lebih layak, aman, efektif dan nyaman dipakai oleh pemakainya," kata dokter Obgyn di Rumah Sakit Mayapada, Ari Waluyo, saat dihubungi.

Pada masa Mesir Kuno, kondom juga sudah mulai digunakan. Namun, pada awalnya kondom sebenarnya dibuat bukan untuk mencegah kehamilan seperti alat kontrasepsi lain yang lebih dulu muncul.

Kondom justru dibuat untuk mencegah terjadinya penularan penyakit akibat hubungan seksual.

"Awal penemuannya pada masa Romawi Kuno dan Mesir, dibuatnya dari usus binatang dengan cara membungkus penis dengan usus binatang saat akan melakukan hubungan seksual," kata Ari.

Simak perkembangan alat kontrasepsi di tahun 1800-an pada halaman berikut.

Sejarah Alat Kontrasepsi di Tahun 1800-an sampai Masa Kini

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK