Fendace, Kolaborasi Fashion Bersejarah Fendi dan Versace

tim, CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 12:40 WIB
Setelah rumor selama beberapa bulan terakhir, kolaborasi antara dua label fashion besar Fendi dan Versace menjadi kenyataan. Setelah rumor selama beberapa bulan terakhir, kolaborasi antara dua label fashion besar Fendi dan Versace menjadi kenyataan. (Arsip Versace-Fendi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah rumor selama beberapa bulan terakhir, kolaborasi antara dua label fashion besar Fendi dan Versace menjadi kenyataan. Keduanya bersatu dalam nama, Fendace.

"Ini yang pertama dalam sejarah mode," kata Donatella Versace, merujuk pada dua perancang busana besar melakukan "dialog kreatif sejati yang berasal dari rasa hormat dan persahabatan."

Wujud kolaborasi antara keduanya diungkap lewat peragaan busana di markas Versace yang terletak di Via Ges di Milan, Italia, Minggu (27/9) waktu setempat. Pertunjukan ini turut menjadi bagian dalam rangkaian Milan Fashion Week 2021.


Dalam tajuk "VERSACE BY FENDI - FENDI BY VERSACE," Donatella dan Silvia Venturini Fendi bertukar peran untuk saling terinspirasi dari visi masing-masing.

Kim Jones, yang telah menjadi desainer ikonik, bergabung dengan Venturini Fendi untuk mendesain lini pakaian wanita dan pria Versace.

Sementara Versace menafsirkan kembali Fendi dengan memanfaatkan arsip yang luas dari rumah mode mewah tersebut.

Secara garis besar, koleksi ikonik ini menjadi perayaan atas persahabatan mereka dan dampak budaya dari Versace dan Fendi.

"Fendace adalah tentang perlunya ketulusan dalam mode hari ini daripada strategi," tulis pernyataan yang dirilis oleh Versace.

Sebagaimana rilis yang diterima CNNIndonesia.com, VERSACE BY FENDI terinspirasi oleh abad pertengahan hingga akhir era 1990-an dan mengeksplorasi gagasan dualitas di sejumlah bagian pokok yang memadukan monogram Fendi dengan motif kunci Yunani, simbol dari Versace.

Sebaliknya, FENDI BY VERSACE mengambil pendekatan yang lebih punk rock dengan menanamkan nuansa muda nan rebel ala FENDI, seperti menggunakan chain mail dengan renda. Tak luput, huruf F bertatahkan kristal untuk menafsirkan kembali monogram merek.

Kristen McMenamy, seorang supermodel Amerika era '90-an, membuka pertunjukan dan diikuti oleh berbagai supermodel lainnya dari tahun ke tahun.

Di antaranya seperti Naomi Campbell, Kate Moss, Amber Valletta, Mariacarla Boscono, Kirsten Owen, Esther Cañadas, Gigi Hadid, Lila Moss, Winnie Harlow, Emily Ratajkowski, dan lainnya.

Sementara, deretan selebriti yang hadir di acara tersebut termasuk Demi Moore, Elizabeth dan Damian Hurley, Evan Mock, Luca Guagagnino, Addison Rae, Zoey Deutch, Dua Lipa, Iris Law, Ester Esposito, Chiara Ferragni and Fedez, Niall Horan, Jonathan Kortajarena, Daniela Melchior, Cole Sprouse dan Teddy Charles.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK