5 Pilihan Buah Pembakar Lemak saat Tidur

tim, CNN Indonesia | Rabu, 29/09/2021 08:48 WIB
Beberapa buah punya kemampuan membantu proses pembakaran lemak, termasuk saat tidur. Berikut beberapa buah pembakar lemak saat tidur. Ilustrasi. Ada beberapa buah pembakar lemak saat tidur yang dapat membantu menurunkan berat badan. (iStockphoto/fotosipsak)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa makanan, termasuk buah, punya kemampuan membakar lemak yang dapat membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa buah pembakar lemak saat tidur.

Pada dasarnya, proses pembakaran kalori akan terus berlangsung sepanjang hari, sekali pun saat Anda tertidur lelap. Jadi, tak ada salahnya untuk memperhatikan asupan malam Anda.

Perlu diketahui, tidur kurang dari 7-8 jam per hari akan menghambat proses pembakaran lemak. Tidur kurang dari 7-8 jam membuat jumlah lemak yang dibakar jadi lebih sedikit.


Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat enzim pembakar lemak menjadi terganggu, meningkatkan hormon lapar ghrelin, dan menurunkan hormon kenyang leptin.

Dengan demikian, penting bagi Anda untuk memperhatikan pilihan makanan sebelum tidur demi proses metabolisme yang sempurna. Pilih-lah makanan yang dapat mempercepat metabolisme dan menjaga usus tetap tenang, serta meningkatkan kualitas tidur.

Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah makanan pembakar lemak, termasuk di antaranya buah. Berikut beberapa buah pembakar lemak saat tidur, mengutip berbagai sumber.

1. Buah sitrus

Ilustrasi buah lemonIlustrasi. Lemon atau buah jenis sitrus lainnya bisa jadi buah pembakar lemak saat tidur. (Raw Pixel)

Buah jenis sitrus mengandung serat sebagai nutrisi pembakar lemak dan vitamin C. Mengutip laman HealthFully, vitamin C dapat merangsang kemampuan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi berbagai pilihan buah sitrus, termasuk di antaranya jeruk Bali, lemon, jeruk, dan masih banyak lagi.

2. Alpukat

Ilustrasi AlpukatIlustrasi. Kandungan lemak sehat di dalam alpukat membuatnya jadi salah satu buah pembakar lemak saat tidur. (skeeze/Pixabay)

Sama seperti buah sitrus, alpukat juga jadi salah satu buah pembakar lemak saat tidur.

Mengutip Makeup and Beauty, alpukat merupakan sumber asam lemak omega-3 atau lemak sehat. Kandungan satu ini membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Jadikan alpukat sebagai salah satu menu makan malam Anda untuk membantu meningkatkan proses metabolisme.

3. Semangka

ilustrasi potongan semangkaIlustrasi. Selain membantu menghilangkan dehidrasi, semangka juga jadi pilihan buah pembakar lemak saat tidur. (iStockphoto/DeeNida)

Tak hanya menghilangkan dehidrasi karena kandungan airnya, semangka juga bisa jadi salah satu pilihan buah untuk menurunkan berat badan.

Mengutip India, semangka merupakan buah rendah kalori dengan kandungan air berlimpah. Semangka juga kaya akan asam amino arginin yang membantu membakar lemak di perut.

Tak hanya itu, semangka juga kaya akan potasium yang dapat menjaga fungsi jantung dan otot tetap sehat.

4. Kiwi

Ilustrasi buah kiwiIlustrasi. Kaya akan serat, kiwi jadi salah satu pilihan buah untuk diet. (GutundTasty/Pixabay)

Kiwi merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Mengutip Healthline, satu buah kiwi kecil atau sekitar 69 gram memiliki kadar serat lebih dari 2 gram, ditambah serat pada kulit sebesar 1 gram.

Sebagaimana diketahui, diet tinggi serat dari buah dan sayur telah terbukti membantu proses penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang serta menjaga kesehatan usus.

5. Markisa

ripe organic passion fruit on dark backgroundIlustrasi. Kemampuan untuk memperlambat pencernaan menjadikan markisa sebagai buah untuk menurunkan berat badan. (iStockphoto/wmaster890)

Sama seperti lainnya, markisa juga mengandung serat dalam jumlah tinggi.

Serat mampu memperlambat pencernaan makanan yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengendalikan nafsu makan.

Sebagai buah pembakar lemak saat tidur, konsumsi markisa dalam bentuk utuh. Anda bisa menjadikannya topping dari makanan penutup atau minuman tertentu.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK