5 Kebiasaan yang Bikin Gigi Kuning

ptj | CNN Indonesia
Rabu, 06 Oct 2021 09:27 WIB
Sejumlah kebiasaan dapat membuat gigi menguning. Hindari kebiasaan yang bikin gigi kuning berikut ini. Sejumlah kebiasaan dapat membuat gigi menguning. Hindari kebiasaan yang bikin gigi kuning berikut ini.(Foto: iStockphoto/didesign021)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gigi yang putih bersih dapat berubah warna menjadi keruh, timbul bercak, hingga berwarna kuning. Perubahan warna ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kebiasaan sehari-hari.

Hindari kebiasaan ini agar gigi tetap putih dan senyum pun semakin indah.

Berikut kebiasaan yang bikin gigi kuning:


1. Penggunaan obat kumur berlebihan

Demi mengurangi risiko bau mulut, penggunaan obat kumur dianggap sebagai sesuatu yang wajib. Kadang penggunaannya tak cukup sekali dua kali tetapi lebih agar mulut dan napas lebih segar. Namun justru ini akan membuat mulut kering.

Dokter gigi dan pendiri California Breath Clinics, Harold Katz mengatakan mulut yang kering bisa membuat gigi menguning. Mulut yang kering membuat air liur untuk melindungi enamel gigi berkurang sehingga lebih mudah menguning.

2. Sering makan yang asam

Masalah pada enamel gigi juga dipicu dari konsumsi makanan dengan rasa asam, termasuk buah-buahan jenis sitrus, tomat, nanas, cuka, minuman berkarbonasi, maupun salad dengan dressing berbasis cuka.

Bukan berarti Anda mengeliminasi makanan atau minuman ini, tetapi sebaiknya bilas mulut dengan air putih setelah makan atau minum minuman asam. Katz merekomendasikan makanan yang mencegah gigi jadi kuning seperti blueberry, teh hitam dan anggur merah.

3. Minum kopi

Di balik manfaat kesehatan dari minum kopi, ternyata ada konsekuensi tidak menyenangkan. Gigi bisa menguning saat kopi jadi konsumsi harian.

"Menyesap dua atau tiga cangkir kopi tiap hari membuat enamel gigi kontak secara konstan dengan pemicu noda," kata dokter gigi Katia Friedman, dikutip dari Prevention.

Karena enamel terkikis, noda bisa bertahan. Jika tidak dibilas dan disikat teratur, gigi akan menguning. Friedman menyarankan jika memungkinkan, sebaiknya minum kopi lebih cepat atau menggunakan sedotan untuk mengurangi kontak kopi dengan gigi.

4. Merokok

Para perokok aktif memiliki gigi cenderung kuning daripada gigi yang bukan perokok. Hal ini terjadi karena kandungan bahan kimia pada rokok dan pipa rokok yang punya efek menempel pada gigi. Semakin lama Anda merokok, semakin noda tampak jelas.

Kebiasaan merokok juga berhubungan dengan masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya. Ada risiko penyakit gusi, gigi keropos, dan mulut kering.

5. Menggosok gigi terlalu keras

Semua mungkin sudah paham bahwa gosok gigi minimal dilakukan dua kali sehari. Mazen Natour, ahli prostodontik di Mahattan, mengingatkan untuk menyikat gigi tidak dengan kecepatan dan tekanan tinggi. Anda mungkin merasakan gigi lebih bersih tetapi faktanya justru sebaliknya.

"Jika Anda menyikat gigi terlalu keras atau terlalu sering, Anda mungkin mengikis lapisan email yang tipis dan mengekspos lapisan dentin," kata Natour.

Kondisi ini akan semakin parah saat pilihan pasta gigi mengandung bahan abrasif karena akan melukai gigi.

Itulah kebiasaan yang bikin gigi kuning.

(els/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER