7 Kebiasaan yang Bisa Picu Kanker Payudara

tim | CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 19:30 WIB
Sejumlah kebiasaan dapat memicu pertumbuhan kanker payudara. Hindari kebiasaan yang bisa picu kanker payudara. Sejumlah kebiasaan dapat memicu pertumbuhan kanker payudara. Hindari kebiasaan yang bisa picu kanker payudara.(Foto: iStockphoto/ThinkDeep)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah kebiasaan dapat memicu pertumbuhan kanker payudara. Hindari kebiasaan yang bisa picu kanker payudara untuk mencegah sel-sel kanker berkembang.

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak diami perempuan di dunia dan Indonesia. Berdasarkan data Globocan 2020, terdapat hampir 400 ribu kasus kanker baru di Indonesia. Kanker payudara merupakan jenis kanker terbanyak dengan lebih dari 65ribu kasus (16,6 persen).

Bila dilihat berdasar jenis kelamin, kanker payudara menempati kasus kanker terbanyak pada perempuan, disusul kanker serviks, kanker ovarium, kanker kolon, kanker tiroid, dan jenis kanker lain.


Berikut 7 kebiasaan yang bisa picu kanker payudara:

1. Makan berlebihan

Kebiasaan makan berlebihan tanpa memperhatikan kalori dan nutrisi sehingga menyebabkan kenaikan berat badan bisa memicu kanker payudara. Tinjauan yang diterbitkan di jurnal Breast Care (Basel) menyebut kenaikan berat badan orang dewasa dan kegemukan berkaitan dengan risiko kanker payudara pascamenopause.

Data menunjukkan dibanding perempuan dengan berat badan normal (BMI 18,5-25), perempuan yang kelebihan berat badan (BMI > 25) 1,5 kali lipat lebih berisiko mengalami kanker payudara. Sedangkan saat berat badan makin bertambah (BMI > 30) risikonya jadi lebih dari 2 kali lipat.

2. Tidur dengan televisi menyala

Barangkali serial televisi yang Anda tonton malah berbalik 'menonton' Anda tidur. Sebaiknya kebiasaan ini diubah sebab risiko kanker payudara mengintai.

Dalam sebuah analisis yang terbit di jurnal Environment Health Perspectives menemukan sinar buatan (artificial light) yang keluar dari layar televisi berhubungan dengan kanker payudara dan kanker prostat.

"Sinar di malam hari bisa jadi salah satu faktor yang berkontribusi pada peningkatan kasus kanker payudara selama beberapa dekade terakhir," kata direktur program di National Institute of Environmental Health Sciences, Les Reinlib, dalam studinya mengutip dari Best Life.

Simak kebiasaan yang bisa picu kanker payudara lainnya di halaman berikut.

7 Kebiasaan yang Bisa Picu Kanker Payudara

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER