5 Makanan yang Baik untuk Penderita Kanker Payudara

tim | CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 16:30 WIB
Makanan membantu menghambat perkembangan kanker payudara. Makanan yang baik untuk penderita kanker payudara ini juga membantu pengobatan. Makanan membantu menghambat perkembangan kanker payudara. Makanan yang baik untuk penderita kanker payudara ini juga membantu pengobatan.(Foto: iStock/carlosgaw)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah makanan dapat membantu menghambat perkembangan kanker payudara. Makanan yang baik untuk penderita kanker payudara ini juga membantu pengobatan dan penyembuhan kanker.

Studi menunjukkan pola makan yang sehat dan bernutrisi tinggi dapat membantu penderita kanker payudara menjaga berat badan serta menjaga organ dan jaringan tetap sehat. Makanan yang tepat juga membantu penderita menghadapi efek samping dari pengobatan kanker, memperkuat sistem imun, menambah tenaga, dan meningkatkan kualitas hidup.

Berikut rekomendasi makanan yang baik untuk penderita kanker payudara:


1. Buah

Terdapat sejumlah buah yang baik untuk penderita kanker payudara. Buah kaya akan fenolik, antioksidan dan antiproliferatif. Semua kandungan ini membantu penyembuhan kanker.

Kandungan-kandungan ini banyak terdapat di pisang, apel, stroberi, jeruk, anggur, dan lemon.

2. Ikan

Ilustrasi daging salmonSalmon merupakan ikan yang baik untuk penderita kanker payudara.(Foto: FoodiesFeed/Jakub Kapusnak)

Selain buah, ikan juga baik untuk penderita kanker. Ikan yang boleh dikonsumsi penderita kanker payudara adalah ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan ini membantu meredakan peradangan.

Ikan berlemak diantaranya sarden, mackerel, tuna, salmon, dan kod.

3. Sayuran

Konsumsi beragam sayuran juga baik untuk penderita kanker payudara. Sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sayur seperti brokoli, bayam, selada baik dikonsumsi.

4. Susu rendah lemak

Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan konsumsi banyak buah, sayur, biji-bijian, unggas, dan produk susu rendah lemak memiliki dampak posisif pada orang dengan kanker.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga baik dikonsumsi penderita kanker payudara. Kacang-kacangan kaya akan serat dan antioksidan yang dibutuhkan penderita kanker. Kacang-kacangan juga kaya akan lemak sehat.

Kacang kedelai atau produk dari kedelai seperti susu, edamame, tempe, dan tahu juga baik untuk penderita kanker payudara.

Itulah makanan yang baik untuk penderita kanker payudara. Selain makanan ini, hindari pula sejumlah makanan seperti alkohol, gula tambahan, lemak jenuh, daging merah, dan makanan olahan.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER