Semangkuk Kari yang Sulut Sengketa Jepang dan Korea

tim, CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 21:25 WIB
Hubungan Jepang dan Korea kembali tegang gara-gara semangkuk kari yang berbentuk pulau sengketa antara keduanya, Takeshima atau Dokdo. Hubungan Jepang dan Korea kembali tegang gara-gara semangkuk kari yang berbentuk pulau sengketa antara keduanya, Takeshima atau Dokdo. ( www.town.okinoshima.shimane.jp)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hubungan Jepang dan Korea kembali tegang gara-gara semangkuk kari. Media Jepang menampilkan hidangan kari dengan nasi dibuat menyerupai pulau Takeshima atau yang oleh orang Korea disebut Pulau Dokdo.

Kari 'pulau sengketa' ini disajikan oleh restoran di pulau Okinoshima, di Shimane. Nasi dengan bentuk pulau Takeshima seolah dikelilingi laut kuah kari berwarna coklat. Pada gundukan nasi ditancapkan bendera Jepang mini. Kari pun dilengkapi dengan acar dan sup.

Pulau Takeshima atau Dokdo memang sejak lama memang jadi sengketa antara Jepang dan Korea. Pulau-pulau berbatu ini terletak di Laut Jepang (menurut orang Jepang) atau Laut Timur (menurut orang Korea). Melansir dari Asahi Shimbun, pulau dikelola oleh Korea Selatan tetapi Jepang bersikeras bahwa pulau merupakan bagian dari Prefektur Shimane, begitu pula dengan Korea Utara yang menyebut pulau ini Dokdo.


Mengutip dari Guardian, laman Uriminzokkiri yang dikelola Korea Utara berkomentar hidangan itu justru mengkhianati ambisi Jepang untuk 'mencaplok' pulau-pulau itu.

Sedangkan surat kabar Dong-A-Ilbo, milik Korea Selatan, dalam pemberitaannya menyebut Jepang menggunakan "trik murahan yang khas" guna mempromosikan klaimnya atas pulau.

Sengketa Pulau Takeshima sudah mengaburkan hubungan bilateral negara-negara ini dalam beberapa tahun terakhir. Isu lain yang juga turut memanaskan hubungan yakni penggunaan budak seks Korea dan kerja paksa oleh Jepang di masa perang.

Ini bukan kali pertama makanan bisa sampai memicu ketegangan antarnegara. Pada 2017, pejabat Jepang protes setelah udang yang ditangkap di perairan Dokdo muncul di menu jamuan makan kenegaraan selama kunjungan Donald Trump ke Korea Selatan.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK