Cara Membuat Mie Instan Sehat Tanpa Rasa 'Berdosa'

tim, CNN Indonesia | Selasa, 24/11/2020 10:18 WIB
Mie instan kerap dicap sebagai makanan yang tidak sehat dan meninggalkan rasa 'berdosa' ketika menyantapnya. Lalu, bagaimana cara membuat mie instan yang sehat? Ilustrasi. Mie instan kerap dicap sebagai makanan yang tidak sehat. (Istockphoto/estebanmiyahira)
Jakarta, CNN Indonesia --

"Cara membuat mie instan sehat?" Mungkin hal itu pernah muncul dalam benak Anda, mengingat mie instan kerap dicap sebagai makanan yang tidak sehat dan meninggalkan rasa 'berdosa' ketika menyantapnya.

Panganan ini memang cukup menggoda dan enak dinikmati pada waktu-waktu tertentu. Kala lapar di tengah malam, hujan turun, hingga saat bersantai menonton film di rumah.

Hanya saja, bayang-bayang makanan tidak sehat tak jarang membuat sulit untuk bisa menikmati tanpa rasa 'berdosa' atau bersalah.


Kini, ada sejumlah trik yang bisa Anda tiru sebagai cara membuat mie instan lebih sehat demi mengurangi rasa bersalah.

Berikut cara membuat mie instan sehat, menurut Michigan State University Extension.

1. Bumbu tambahan sederhana

Buang bungkusan kecil yang menyertai mie instan, karena sebagian besar kadar natrium dalam bungkusan kecil itu telah melebihi rekomendasi natrium dalam Pedoman Diet untuk Amerika 2015-2020.

Sebagai gantinya, tambahkan beberapa bumbu, kalau bisa yang tidak perlu dimasak lagi. Contohnya termasuk minyak wijen, pasta miso, kecap, kecap ikan, pasta kari Thailand, dan bubuk kari Jepang.

2. Tambah sayuran

Semangkuk mie instan bisa jadi membosankan. Untuk itu, Anda bisa menambah 'warna-warni' sajian untuk membuat makanan Anda terasa lebih nikmat.

Alih-alih menggunakan paket sayuran kering dalam kemasan, masukkan beberapa sayuran segar seperti sawi, selada, dan wortel. Sayuran dapat memberi Anda nutrisi penting seperti kalium, serat makanan, folat, vitamin A, dan vitamin C.

3. Tambah protein

Agar mi instan lebih menyehatkan, Anda juga bisa menambah beberapa protein pilihan Anda. Anda dapat menambahkan telur ke dalam kuah mie atau memilih telur rebus yang bisa diiris menjadi dua.

Jika Anda tak menginginkan telur, daging sapi tanpa lemak pun bisa menjadi opsi. Untuk menambah rasa ekstra pada daging, Anda bisa dengan cepat menumisnya dengan garam dan merica atau kecap sebelum menambahkannya ke dalam mie instan.

4. Mie tumis

Tidak berminat untuk semangkuk mie instan? Cobalah menumis mie sebagai gantinya. Dalam air mendidih, masak mie secara terpisah hingga empuk lalu angkat dan keringkan di atas piring. Tumis mie dalam wajan panas dengan sedikit minyak sayur. Tambahkan sayuran cincang dan irisan daging atau tahu.

Terakhir, bumbui dengan garam dan merica, kecap, atau bahkan irisan cabai.

Saat memasak, perhatikan jumlah garam dan gula yang Anda tambahkan ke makanan Anda. 

Selain empat opsi tersebut, cara membuat mie instan sehat bisa Anda lakukan bisa dengan mengolah mie sendiri dengan bahan-bahan alami.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK