HARI PANGAN SEDUNIA

Menjadi Pahlawan Pangan dengan Ubah Kebiasaan Makan

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 16 Oct 2021 09:00 WIB
Selamat Hari Pangan Sedunia atau World Food Day 2021! Pada Hari Pangan Sedunia setiap orang diajak untuk mengubah kebiasaan makan. Selamat Hari Pangan Sedunia atau World Food Day 2021! Pada Hari Pangan Sedunia setiap orang diajak untuk mengubah kebiasaan makan.(Foto: iStockphoto/alvarez)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selamat Hari Pangan Sedunia atau World Food Day 2021! Dunia memperingati hari pangan setiap 16 Oktober.

Perayaan Hari Pangan Sedunia mengajak setiap orang untuk menjadi pahlawan pangan atau food hero. Menjadi pahlawan pangan dapat dilakukan dengan mulai mengubah kebiasaan mengonsumsi makanan.

"Hari Pangan Sedunia ini juga mengajak kita semua untuk menjadi Pahlawan Pangan, sebagaimana kita mulai mengubah cara makan kita mulai dari diproduksi, diproses, disimpan, didistribusikan, dan dikonsumsi," kata direktur jenderal Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) Qu Dongyu, dikutip dari situs FAO.


Salah satu cara menjadi pahlawan pangan adalah dengan mengonsumsi makanan lokal. Makan pangan lokal berarti menghargai dan membantu para petani serta mendukung keberlanjutan pangan.

Selain itu, FAO juga mengajak setiap orang untuk memberi penghargaan pada petani. Pasalnya petani merupakan kunci pasokan pangan tetap terjaga di masa pandemi Covid-19 ini.

"Pada Hari Pangan Sedunia ini, kami memberikan penghormatan kepada semua Pahlawan Pangan kami di seluruh dunia yang terus bekerja melawan segala rintangan untuk memastikan kami memiliki makanan untuk dimakan," kata Qu Dongyu.

Selain itu, FAO juga menyoroti masalah kelaparan dan kurang gizi yang terjadi di dunia. Data menunjukkan lebih dari 800 juta orang di dunia mengalami kelaparan pada 2020.

Ironisnya, 14 persen dari makanan yang dihasilkan hilang dan 17 persen terbuang percuma. Kehilangan makanan ini bernilai lebih dari US$1 triliun.

"Kita harus mengubah sistem pertanian pangan kita menjadi lebih efisien, lebih tangguh, lebih transparan, dan lebih berkelanjutan," tutur Qu Dongyu.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER