5 Manfaat Pepaya untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan

Tim | CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 06:50 WIB
Pepaya adalah buah yang bagus untuk diet karena menyediakan nutrisi dan serat untuk penurunan berat badan yang sehat. Berikut manfaat pepaya untuk diet. Pepaya adalah buah yang bagus untuk diet karena menyediakan nutrisi dan serat untuk penurunan berat badan yang sehat. Berikut manfaat pepaya untuk diet. (Foto: Istockphoto/Bhofack2)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manfaat pepaya untuk diet dipercaya mampu membantu turunkan berat badan. Buah sepanjang musim ini sudah sangat umum dikonsumsi orang Indonesia.

Daging buah pepaya yang lembut dan manis kaya akan serat, vitamin, dan mineral, namun rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi selama diet.

Pepaya adalah buah yang bagus untuk ditambahkan ke dalam menu diet sehari-hari. Pepaya menyediakan nutrisi dan serat untuk mendukung penurunan berat badan yang sehat.


Berikut 5 manfaat makan pepaya untuk diet.

ilustrasi pepayaManfaat pepaya untuk diet yang kaya serat, vitamin, namun rendah kalori (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Tanya_F)

1. Rendah kalori

Dalam satu cangkir pepaya setara 145 gram, mengandung sekitar 60 kalori, 16 gram karbohidrat, dan 3 gram serat.

Jika dibandingkan dengan buah tropis lainnya dengan porsi yang sama misalnya nanas dan mangga, pepaya cenderung lebih rendah kalori.

Nanas mengandung 75 kalori, sedangkan mangga sekitar 100 kalori, merujuk SFGate.

Meskipun semua buah-buah menyehatkan dan mendukung proses penurunan berat badan, namun mengonsumsi banyak buah pepaya dapat membantu Anda memangkas lebih banyak kalori.


2. Kaya serat untuk melancarkan pencernaan

Melansir Medical News Today, pepaya mengandung enzim papain yang membantu memecah protein makanan dan melancarkan pencernaan. Bahkan buah pepaya bisa digunakan sebagai pelunak daging.

Selain itu, pepaya juga tinggi kandungan air dan serat yang membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kerja saluran pencernaan jadi lebih sehat.

Setidaknya, 60 persen serat dalam pepaya merupakan serat larut. Serat larut yang tinggi ini dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes dan kolesterol darah tinggi.

Sementara 40 persen kandungan serat pepaya merupakan serat tidak larut yang membantu mengatur pergerakan usus dan mencegah gangguan sistem pencernaan, mengutip SFGate.

3. Mengurangi risiko peradangan

Kolin adalah nutrisi yang sangat penting yang ada di dalam buah pepaya. Kolin menunjang kemampuan gerak otot, memperkuat memori, serta mencegah peradangan kronis.

Nutrisi ini juga penting untuk integritas membran sel, transmisi impuls saraf, memaksimalkan penyerapan lemak, dan meningkatkan kualitas tidur.


4. Sumber vitamin A dan C

Vitamin A dan C dapat mendukung penurunan berat badan menjadi efektif. Buah pepaya termasuk buah dengan kandungan vitamin A dan C yang melimpah.

Pepaya menyediakan sekitar 35 persen RDA vitamin A dan 160 persen asupan vitamin C harian yang direkomendasikan pada setiap setengah buah pepaya segar berukuran sedang.

Selain punya manfaat pepaya untuk diet, dengan kandungan antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan oksidatif serta mengurangi risiko penyakit seperti jantung, kanker, osteoartritis, dan gangguan penglihatan.


5. Membuat perut cepat kenyang

Pepaya sangat baik dikonsumsi karena tinggi serat. Daging buahnya yang tebal juga dapat memuaskan perut dan membantu kenyang lebih lama selama diet.

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari keinginan ngemil dan makan makanan tinggi kalori yang membuat berat badan bertambah.

Tips Mengonsumsi Pepaya saat Diet

Seperti buah lainnya, pepaya dapat dijadikan sebagai snack maupun makanan tambahan yang menyehatkan selama diet.

Alih-alih mengonsumsi manisan pepaya kering yang mengandung tambahan gula, sebaiknya utamakan makan buah pepaya segar demi mendapatkan manfaat pepaya untuk diet.

Pepaya segar yang telah matang dapat dimakan langsung buahnya, dijadikan jus atau smoothie, dicampur dalam menu salad.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER