3 Cara Cepat Membersihkan Ketiak yang Hitam

CNN Indonesia
Selasa, 26 Oct 2021 12:23 WIB
Ketiak yang berwarna gelap akan mengurangi rasa percaya diri. Berikut cara membersihkan ketiak yang hitam. Ilustrasi. Cara membersihkan ketiak yang hitam cukup mudah untuk dilakukan. (Istockphoto/Doucefleur)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketiak yang hitam bisa mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri berkurang. Terlebih bagi Anda yang gemar memakai pakaian tanpa lengan.

Supaya warnanya terlihat lebih merata dengan area kulit lain, penting untuk mengetahui cara membersihkan ketiak yang hitam secara tepat.

Tapi, sebelum itu, Anda juga perlu tahu apa saja faktor yang menjadi penyebab utama warna ketiak jadi hitam.


Penyebab Ketiak Hitam

Kondisi kulit ketiak yang menghitam memang bukan pertanda serius. Penyebabnya bersifat multifaktor, tapi masih dapat diatasi.

Dilansir Healthline, berikut beberapa kemungkinan penyebab ketiak menjadi lebih gelap.

1. Iritasi kimia efek deodoran dan antiperspiran yang formulanya tidak tepat.
2. Iritasi dan abrasi setelah mencukur dengan alat tajam.
3. Sel kulit mati menumpuk akibat jarang dibersihkan.


4. Gesekan dari pakaian yang ketat.
5. Melanosis atau kondisi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh merokok.
6. Hiperpigmentasi atau kondisi peningkatan melanin.
7. Acanthosis nigricans, sebagai gejala dari diabetes, obesitas, atau kadar hormon yang abnormal.
8. Eritrasma atau sejenis infeksi bakteri.
9. Melasma atau munculnya bercak hitam pada kulit.
10. Penyakit Addison yang disebabkan oleh rusaknya kelenjar adrenal.

Cara Membersihkan Ketiak yang Hitam

ilustrasi deodoran ketiakIlustrasi. Cara membersihkan ketiak yang hitam sangat mudah untuk dilakukan. (iStockphoto/Vasyl Dolmatov)

Cara membersihkan ketiak yang hitam sebenarnya sangat mudah. Terlebih bagi Anda yang kurang puas dengan metode alami karena hasilnya membutuhkan waktu lumayan lama. Berikut cara mencerahkan kulit ketiak.

1. Exfoliate gel

Sama halnya dengan wajah, kulit ketiak juga perlu dieksfoliasi supaya sel-sel kulit mati yang menumpuk dari keringat dan daki terangkat.

Anda bisa menggunakan produk skincare seperti exfoliate gel atau scrub untuk merontokkan bagian hitam pada kulit ketiak.

Pemakaian idealnya bisa dilakukan seminggu sekali supaya tidak terjadi iritasi. Pastikan memilih jenis gel yang lebih lembut di kulit atau boleh scrub dengan bulir lembut.

2. Toner dan krim underarm

Selain rajin dieksfoliasi, kulit ketiak hitam bisa dibersihkan dengan toner yang mengandung formula niacinamide. Senyawa tersebut diketahui mampu mengatasi hiperpigmentasi.

Toner yang mengandung niacinamide biasanya digunakan untuk wajah. Tapi, tidak ada salahnya diaplikasikan setiap hari ke ketiak yang hitam, dan dilanjutkan dengan memakai krim khusus mencerahkan ketiak.

Namun, jangan pilih krim ketiak 'abal-abal'. Saat ini, tersedia banyak krim untuk mencerahkan ketiak yang bagus dengan harga terjangkau. Salah satunya yang hadir dengan kandungan niacinamide.

3. Underarm rejuvenation

Black armpit in fat womenIlustrasi. Perawatan seperti underarm rejuvenation juga bisa menjadi cara membersihkan ketiak yang hitam. (Istockphoto/Srisakorn)

Apabila ingin membersihkan ketiak hitam dengan cara lebih cepat, sesekali bisa lakukan perawatan underarm rejuvenation yang biasanya tersedia di klinik kecantikan.

Underarm rejuvenation merupakan metode perawatan menggunakan laser berbasis cahaya untuk mengatasi hiperpigmentasi serta meratakan warna kulit ketiak.

Selain itu, rejuvenation juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit ketiak yang kasar karena sering dicukur supaya lebih lembut.

Kombinasi ketiga cara membersihkan ketiak yang hitam dengan exfoliate, toner dan krim, serta perawatan khusus ini tentunya bisa lebih efektif membantu mencerahkan dengan cepat.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER