Menyingkap Fakta di Balik Tes Kepribadian di Internet

tim | CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 13:55 WIB
Ketahui fakta di bali tes kepribadian yang banyak terdapat di internet. Bisakah tes ini dipercaya untuk mengetahui kepribadian? Ketahui fakta di bali tes kepribadian yang banyak terdapat di internet. Bisakah tes ini dipercaya untuk mengetahui kepribadian?(Foto: Roman Drits/Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia --

'Gambar yang Anda lihat pertama kali menunjukkan kepribadian Anda.'

Mungkin Anda kerap menemukan kalimat-kalimat serupa disertai sebuah gambar berikut penjelasan atau maknanya. Ada pula tes kepribadian yang lebih rumit dengan serangkaian pertanyaan hingga bermuara pada kesimpulan tipe kepribadian.

Harus diakui, tes-tes kepribadian baik yang sederhana sampai yang rumit sekalipun memang menggoda untuk dijajal. Psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum mengatakan orang tertarik untuk mengenal dirinya melalui tes kepribadian. Orang mulai sadar bahwa ini perlu dan bermanfaat untuk dirinya.


"Bisa jadi dengan mengenal diri, seseorang itu akan lebih mudah beradaptasi dengan hidupnya dan lingkungannya," kata Rahma melalui pesan singkat, Kamis (21/10).

Memahami diri sendiri, lanjut dia, berkaitan dengan kecerdasan intrapersonal dan ilmu yang dimiliki. Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan untuk memahami diri sendiri. Sedangkan ilmu yang dimiliki tentang kepribadian dapat membantu seseorang untuk menjalani kehidupan.

Apa tes kepribadian yang beredar di internet benar-benar bisa membantu memahami kepribadian?

Menurut Rahma, hal ini sangat bergantung pada tes yang dilakukan. Tes yang baik adalah tes yang sudah jelas validitas dan reliabilitasnya. Dia juga menambahkan bahwa dinamika kepribadian seseorang tidak bisa diukur hanya dengan satu tes saja.

"Jadi jika hanya untuk iseng iseng saja ya enggak apa-apa menggunakan tes yang banyak beredar, tetapi jika benar benar ingin tahu mengenai dinamika kepribadian diri, apalagi jika ditujukan untuk kepentingan tertentu, misalnya rujukan kerja, rujukan jurusan sekolah, kasus hukum, tentu tidak tepat jika menggunakan tes yang belum jelas validitasnya," kata Rahma.

Untuk keperluan tertentu, tes kepribadian yang valid dan reliabel diperlukan. Rahma menyarankan untuk mengambil tes kepribadian di tempat yang tepat dan orang yang berkompeten untuk menjelaskan hasil tes.

"Misalnya dengan psikolog menggunakan alat tes psikologi yang sudah jelas validitasnya," ujar Rahma.

(els/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER