5 Minuman yang Bisa Picu Serangan Jantung

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 08:22 WIB
Beberapa jenis minuman ternyata berisiko memicu serangan jantung. Berikut lima minuman yang bisa picu serangan jantung: Beberapa jenis minuman ternyata berisiko memicu serangan jantung. Berikut lima minuman yang bisa picu serangan jantung:(Foto: Daria-Yakovleva/Pixabay)

3. Minuman energi

Minuman energi diklaim mampu memberikan suntikan energi instan saat tubuh loyo. Namun minuman ini juga bisa mengantarkan Anda ke rumah sakit akibat serangan jantung. Juni 2021 lalu seorang pria Inggris, Lee Kamen terkena serangan jantung karena konsumsi rutin minuman energi. Kamen bisa menghabiskan 8-12 kaleng minuman per hari.

"Saya terus bekerja dan minum minuman energi agar tetap bisa kerja. Ini mungkin terjadi selama setahun. Satu hari saya pingsan dengan serangan jantung dan harus pasang stent (ring jantung), saya sekarang dalam pengobatan seumur hidup karena minuman berbahaya itu," kata Lee Kamen mengutip dari Hull Live.

Apa yang Kamen alami juga bisa Anda alami. Calder menyebut minuman energi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dengan meningkatkan tekanan darah dan mengakibatkan ritme jantung tidak normal.


4. Minuman alkohol

Konsumen minuman beralkohol lebih berisiko terkena serangan jantung dibanding yang bukan. Baik perempuan maupun laki-laki sama-sama dibayangi risiko penyakit ini. Namun riset menemukan perempuan yang rutin minum minuman beralkohol lebih berisiko mengalami penyakit jantung daripada laki-laki yang juga minum rutin.

Seperti kopi, sebaiknya konsumsi minuman beralkohol dilakukan secara moderat.

5. Milkshake

Minum milkshake saat cuaca panas seperti menghadirkan surga ke dunia. Ternyata sensasi manis, dingin dan creamy ini bisa berbahaya. Gula dan lemak jenuh akan memicu serangan jantung.

"Beberapa riset bahkan menyebut bahwa cukup satu makanan tinggi lemak bisa memicu penyakit jantung pada beberapa orang," ujar Calder.

Bukan berarti Anda tidak boleh minum milkshake. Sebaiknya jadikan milkshake sebagai 'treat' di akhir pekan, bukan konsumsi harian.

Ituluah lima minuman yang bisa picu serangan jantung.

(els/ptj)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER