4 Penyebab yang Bikin Pria 'Loyo' saat Hubungan Seks

tim | CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 22:40 WIB
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penis Anda tiba-tiba menolak ereksi. Berikut empat penyebab yang membuat pria 'loyo' saat hubungan seks. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penis Anda tiba-tiba menolak ereksi. Berikut empat penyebab yang membuat pria 'loyo' saat hubungan seks. (iStockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kerap kali penis tak bekerja sama saat Anda benar-benar membutuhkannya. Ada satu waktu penis malah loyo padahal Anda sudah bersemangat seks dengan pasangan.

Meski demikian, saat penis loyo tidak melulu bada masalah seksual yang sedang dialami atau kerap dikenal dengan istilah disfungsi ereksi. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penis Anda tiba-tiba menolak ereksi.

Seorang ahli urologi di Orlando Health, Jamin Brahmbhatt mengatakan kepada Mens Health, penis yang menolak ereksi biasanya disebabkan oleh alasan psikologis atau lingkungan.


Berikut empat penyebab yang membuat penis loyo saat hubungan seks.

1. Banyak minum alkohol

Bisa jadi Anda pernah berada dalam situasi mabuk berat atau terlalu banyak minum alkohol dan mendapati penis Anda tak berdiri tegak.

Alkohol adalah depresan pada sistem saraf pusat Anda, dan ini bisa mengurangi aliran darah ke penis yang dapat melemahkan fungsinya.

Jadi, meskipun minuman itu mungkin cukup membuat Anda rileks untuk membawa seseorang ke tempat tidur tapi itu akan berpengaruh pada kemampuan ereksi Anda jika diminum terlalu banyak.

2. Tegang

Saat bersama orang baru, bisa jadi Anda memang menginginkannya tetapi penis justru menolak untuk ereksi. Menurut Brahmbhatt ini dapat terjadi karena ada alasan psikologis di baliknya.

Misal, Anda merasa tidak aman atau tubuh Anda mungkin secara fisik mengalami ini sebagai situasi stres tinggi atau tegang, dan memompa sistem Anda dengan adrenalin yang membunuh kemampuan Anda untuk mengalami ereksi.

3. Stres dan kelelahan

Sebut saja "pandemi", dan "kecemasan ekonomi" sebagai permulaan. Profesor di Indiana School of Public Health Debby Herbenick mengatakan kecemasan tentang apa pun dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus.

Hal ini kemudian berpotensi menyebabkan gairah Anda menurun. Di sisi lain, merasa stres dapat meningkatkan kadar kortisol Anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Hormones and Behavior menemukan hal ini bisa menjadi masalah karena hormon stres sebenarnya dapat memblokir efek testosteron, dan bisa membunuh libido Anda hingga menyebabkan masalah ereksi.

4. Konsumsi obat tertentu

University of Maryland Medical Center menyebut ada banyak obat yang dapat mengganggu kemampuan Anda ereksi. Obat itu termasuk obat tekanan darah tinggi tertentu, seperti beta-blocker dan diuretik.

Meskipun bagus untuk jantung Anda, gangguannya pada sistem saraf simpatik dan dinding pembuluh darah dapat menurunkan aliran darah ke penis.

Penelitian Universitas Stanford menunjukkan bahwa hingga 75 persen pasien depresi mengalami penurunan libido. Tak hanya itu, mengonsumsi antidepresan tertentu dapat mencegah Anda dari ereksi .

Inhibitor reuptake serotonin seperti Prozac and Lexapro dapat menurunkan kadar testosteron Anda atau bahkan menyebabkan ejakulasi tertunda.

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER