Kisah Marshanda Terapi Ketamin: Seperti ke Alam Lain

tim | CNN Indonesia
Rabu, 27 Oct 2021 15:20 WIB
Artis Marshanda membagikan kisahnya menjalani terapi ketamin di Amerika Serikat saat berbincang dengan Maia Estianty. Artis Marshanda membagikan kisahnya menjalani terapi ketamin di Amerika Serikat saat berbincang dengan Maia Estianty. (Foto: CNN Indonesia/Andito Gilang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Artis Marshanda membagikan kisahnya menjalani terapi ketamin di Amerika Serikat saat berbincang dengan Maia Estianty. Perbincangan ini diunggah di saluran YouTube MAIA ALELDUL TV.

Marshanda sengaja pergi ke negara Paman Sam itu untuk menjalani terapi penyembuhan atau healing therapy untuk bipolar dan depresi yang dialaminya.

"Aku ke Amerika itu dalam rangka healing therapy, selama sebulan, di New York dan LA (Los Angeles)," kata Marshanda.


Di AS, Marshanda menjalani sejumlah terapi penyembuhan. Salah satunya terapi ketamin. Terapi ini belum disetujui di Indonesia sehingga Marshanda mesti melakukannya di Amerika Serikat.

Ketamin merupakan salah satu jenis obat bius atau anestesi. Obat ini mulai digunakan pada 1960 di Belgia untuk hewan seperti kuda. FDA lalu menyetujui ketamin digunakan untuk manusia pada 1970. Dalam perkembangannya, obat ini juga efektif untuk mengatasi depresi.

Marshanda melakukan terapi ketamin ini dengan salah satu psikiater di AS. Dia menjalani terapi ketamin empat kali yang dilakukan dalam dua minggu. Setiap sesi berlangsung selama 50 menit.

Setiap menjalani sesi terapi, Marshanda mesti menetapkan tujuan.

"Setiap sesi kita disuruh disuruh set intension (menetapkan tujuan) sebelum mulai. Misalnya aku yang kedua, aku pengen ngerasa safe, dunia itu tempat yang aman," ungkap Marshanda.

Setelah itu, dokter akan menyuntikkan ketamin yang berbentuk cairan melalui intravena.

Selama ketamin masuk ke dalam tubuh, Marshanda mengaku masih tetap sadar. Dia mendapatkan banyak pandangan.

"Aku banyak dapat vision gitu loh. Tapi, aku sadar, aku enggak hilang, enggak lupa. Kayak mimpi tapi, aku tau aku masih sadar," tutur Marshanda.

Selama proses tersebut, Marshanda merasa seperti segala sesuatunya melambat. Proses penyembuhan langsung terjadi pada saat itu juga. Marshanda menyebut dia mendapatkan banyak jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kehidupan yang sebelumnya menjadi misteri.

Marshanda menggambarkan hal ini seperti berada di dunia mimpi.

"Berasanya enggak kayak sekadar mimpi yang dangkal doang tapi deeper than that," kata Marshanda.

"Aku sih pernah bangun dari obat bius, sempat ke alam yang tiba-tiba shshsh," kata Maia menimpali.

"Iya kayak gitu persis, bun. Kayak ke another realm (alam lain). Iya, itu yang aku alamin," jawab Marshanda.

Marshanda merasa jauh lebih baik setelah menjalani terapi ketamin tersebut.

Selain terapi ketamin, Marshanda juga mengikuti terapi alternatif yang bernama light and sound healing. Terapi ini dilakukan dengan duduk di dalam box dengan mata tertutup.

"Lalu diekspos sama cahaya dan instrumen musik. Tapi memang itu ada frekuensinya, yang targetnya itu sesuai kebutuhan kita. Kalau buat depresi frekuensinya itu beda Hertznya," tutur Marshanda.

Terapi lain yang juga dicoba Marshanda adalah terapi menari di pantai saat matahari terbenam tanpa musik.

Terapi-terapi ini dijalani Marshanda untuk mengurangi dosis obat bipolar yang selama ini dikonsumsi dan juga mencegah munculnya episode manik dan depresi karena bipolar yang dialaminya.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER