Asal Usul Nama Tanaman Penis Indonesia yang Mekar di Belanda

tim | CNN Indonesia
Senin, 01 Nov 2021 10:47 WIB
Tanaman penis Indonesia mekar di Belanda setelah hampir 25 tahun. Berikut asal usul nama tanaman penis Indonesia. Tanaman penis Indonesia mekar di Belanda setelah hampir 25 tahun. Berikut asal usul nama tanaman penis Indonesia. (Foto: Tangkapan layar instagram @hortusleiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman penis asal Indonesia baru saja mekar di Leiden Hortus Botanicus, Belanda. Tanaman penis ini mekar untuk pertama kalinya setelah hampir 25 tahun.

Berikut asal usul nama tanaman penis.

Tanaman penis merupakan julukan yang diberikan untuk tanaman dengan nama ilmiah Amorphophallus decus-silvae. Di Indonesia, tanaman ini juga dikenal dengan nama bunga bangkai.

Spesies Amorphophallus decus-silvae masuk dalam famili Araceae atau keluarga talas-talasan. Suku Araceae memiliki ciri khas tanaman monokotil dengan bunga tongkol atau berseludang.

Amorphopallus decus-silvae termasuk juga dalam kelompok genus Amorphopallus. Genus ini terdiri dari sekitar 200 tanaman tropis dan subtropis. Kerabat dekat Amorphopallus decus-silvae diantaranya Amorphopallus gigas dan Amorphopallus titanum.

Nama Amorphopalus diberikan karena bentuk bunganya seperti penis.

"Penemu jenis ini memberikan nama berdasarkan bentuk tongkol bunganya. Kalo kita artikan nama ini adalah sebagai berikut: Amorph = tidak berbentuk, phallus = penis," kata peneliti Araceae LIPI, Yuzammi melalui pesan singkat kepada CNNindonesia.com pada 2020 lalu.

Jika digabungkan, Amorphopallus berarti penis tak berbentuk.

"Dengan sedikit imajinasi, Anda memang bisa melihat penis di tanaman. Ini sebenarnya memiliki batang yang panjang dan di atasnya adalah arum khas dengan veins. Dan kemudian di tengahnya ada spadix putih tebal," kata Manajer Greenhouse Rogier van Vugt.

Amorphopallus decus-silvae termasuk jenis tanaman langka yang sulit berbunga. Tanaman ini membutuhkan lingkungan yang hangat dan lembap. Saat berbunga, tanaman ini juga mengeluarkan bau busuk yang menyengat, layaknya bangkai.

Tanaman penis yang mekar di Belanda ini memiliki lebar kelopak hingga setengah meter dan tinggi mencapai 2 meter. 

Itulah asal usul nama tanaman penis.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER