6 Manfaat Ajaib Kimchi untuk Kesehatan

CNN Indonesia
Rabu, 24 Nov 2021 07:05 WIB
Selain sebagai makanan khas Korea, kimchi juga dikenal akan sejumlah manfaatnya untuk kesehatan. Apa saja? Selain sebagai makanan khas Korea, kimchi juga dikenal akan sejumlah manfaatnya untuk kesehatan. Apa saja? (chengzhu/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Selatan tidak hanya menjadi sorotan dunia karena budaya K-Pop dan K-Dramanya saja. Namun popularitas akan makanan asli mereka juga begitu besar, salah satunya kimchi.

Kimchi merupakan salah satu hidangan utama pada hampir setiap sajian khas Korea. Rasanya jarang sekali melihat makanan Korea tanpa ada Kimchi di sisi atau di dalamnya.

Kimchi adalah hidangan tradisional Korea yang disiapkan dengan sayuran yang difermentasi, biasanya kubis, lobak, dan daun bawang dan berbagai bumbu seperti garam, gula, bawang merah, jahe, bawang putih, dan cabai.


Mengingat beberapa sayuran tidak tersedia sepanjang tahun, orang Korea kerap menggunakan metode pengawetan makanan dengan cara fermentasi untuk memiliki akses tak terbatas ke lauk lezat mereka.

Kimchi tidak hanya berbau harum, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Apa saja?

Berikut enam manfaat ajaib kimchi untuk kesehatan.

1. Baik untuk usus

Untuk membuat kimchi, seseorang harus memulai proses fermentasi lakto yang tidak hanya membuatnya lebih tahan lama, tetapi juga meningkatkan aromanya.

Mengingat kimchi dibuat dengan sayuran fermentasi garam, kimchi mengandung banyak probiotik, bakteri hidup yang baik untuk Anda, terutama sistem pencernaan Anda.

Konon, seperti dikutip Times of India, kimchi sangat bermanfaat untuk usus Anda dan membantu mencegah masalah pencernaan. Selain itu, probiotik dalam kimchi juga dapat membantu mencegah banyak kondisi kesehatan lainnya.

2. Tingkatkan daya tahan tubuh

Fakta bahwa probiotik dalam kimchi membantu meningkatkan sistem pencernaan Anda, itu ternyata juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Proses fermentasi yang digunakan dalam pembuatan kimchi menggunakan bakteri Lactobacillus, yang mana dapat meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat peradangan yang dipicu oleh penyakit.

Selain itu, vitamin C dalam kimchi juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Kaya nutrisi

Kimchi adalah makanan ajaib yang mengandung banyak nutrisi. Ini penuh dengan beta-karoten dan komponen antioksidan lainnya yang dapat membantu menurunkan risiko kondisi kesehatan yang serius termasuk penyakit kardiovaskular (CVD), stroke, beberapa jenis kanker dan diabetes.

Selain itu, kimchi juga merupakan sumber vitamin A, C dan K yang hebat dan dikemas dengan kalsium dan potasium.

4. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Tubuh mengalami peradangan karena berbagai alasan. Konon, sifat anti-inflamasi dalam probiotik dan HDMPPA, senyawa aktif yang ditemukan dalam kimchi, dikatakan dapat mengurangi peradangan tersebut.

Dalam sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Journal of Microbiology, ditemukan bahwa jenis probiotik spesifik yang ditemukan dalam kimchi dapat melawan peradangan di usus.

5. Bantu turunkan berat badan

Kimchi memiliki jumlah kalori yang rendah, kandungan serat yang tinggi, dan banyak probiotik. Karena kandungan tersebut, kimchi kemudian dipercaya membantu menjaga atau menurunkan berat badan.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet kimchi Korea sebenarnya dapat mengurangi kadar kolesterol "jahat" (LDL) dalam tubuh.

Selain itu, makan kimchi secara teratur juga dikatakan dapat mengurangi peradangan, salah satu penyebab utama penyakit jantung.

(agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER