6 Manfaat Vaksin Flu yang Perlu Diketahui

tim | CNN Indonesia
Kamis, 25 Nov 2021 20:22 WIB
Vaksinasi influenza penting diberikan selama masa pandemi Covid-19. Berikut manfaat vaksinasi influenza atau vaksin flu saat pandemi yang perlu diketahui. Vaksinasi influenza penting diberikan selama masa pandemi Covid-19. Berikut manfaat vaksinasi influenza atau vaksin flu saat pandemi yang perlu diketahui. (iStock/monstArrr_)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vaksinasi influenza penting diberikan selama masa pandemi Covid-19. Berikut manfaat vaksin flu atau vaksinasi influenza saat pandemi yang perlu diketahui.

Infuenza tergolong penyakit pernapasan menular yang disebabkan virus influenza.

Ada berbagai jenis virus influenza yakni influenza musiman seperti tipe A, B, C; kemudian influenza harian contohnya avian influenza yang menular dari hewan ke manusia.


Selain itu, adapula influenza pandemi yakni virus subtipe baru yang bersikulasi antar manusia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian vaksin flu musiman sekali setahun pada individu mulai dari usia enam bulan hingga usia dewasa, khususnya untuk anak dan kelompok dengan risiko tinggi.

Vaksin flu memiliki efektivitas selama satu tahun, dan untuk perlindungan optimal perlu dilakukan pengulangan setiap satu tahun sekali karena galur atau strain virus flu yang dominan beredar dapat berubah-ubah.

Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) Cissy B Kartasasmita menjelaskan bahwa vaksinasi influenza juga menjadi cara paling efektif untuk melindungi diri dari penyakit influenza juga keparahan Covid-19.

"Ada hasil penelitian yang mengatakan bahwa orang yang terkena Covid berat, rata-rata itu dia tidak mendapatkan vaksinasi influenza," ujar Cissy.

Lalu, apa saja manfaat vaksinasi influenza? Berikut manfaat vaksin flu selama masa pandemi, menurut Cissy.

1. Mencegah sakit flu
2. Menurunkan risiko penyakit flu yang membutuhkan penanganan di rumah sakit, terutama pada anak-anak, usia produktif, dan lansia
3. Melindungi ibu hamil dan bayi yang lahir sampai usia 4 hingga 6 bulan
4. Menyelamatkan hidup anak
5. Mengurangi keparahan sakit pada orang yang divaksinasi tetapi tetap memiliki risiko

Klik di sini untuk mengetahui manfaat vaksinasi influenza atau vaksin flu lainnya.

(tim/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER