Manfaat Serai dan Jeruk Nipis untuk Diet

CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 08:56 WIB
Manfaat serai dan jeruk nipis untuk diet didapat dari kemampuan keduanya dalam melunturkan lemak yang bisa membantu menurunkan berat badan. Ilustrasi. Manfaat serai dan jeruk nipis untuk diet didapat dari kemampuan keduanya dalam melunturkan lemak yang bisa membantu menurunkan berat badan. (Pixabay/Counselling)
Jakarta, CNN Indonesia --

Serai dan jeruk nipis menjadi bahan favorit dalam diet. Perpaduan di antaranya keduanya diklaim memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan,

Manfaat serai dan jeruk nipis untuk diet didapat dari kemampuan keduanya dalam melunturkan lemak, yang pada ujungnya membantu menurunkan berat badan.

Pada dasarnya, serai dan jeruk nipis sering kali dijadikan minuman teh herbal untuk detoksifikasi, yang membantu menyerap dan membuang racun-racun dalam tubuh.


Serai dan jeruk nipis memiliki cara kerja masing-masing untuk proses penurunan berat badan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Serai untuk Diet

Thai herbal drinks, Lemon grassIlustrasi. Manfaat serai dan jeruk nipis untuk diet didapat dari kemampuan keduanya melunturkan lemak. (Istockphoto/Toa55)

Mengutip Healthline, serai yang dikonsumsi sebagai teh detoks ditemukan cukup efektif dalam meningkatkan laju metabolisme tubuh untuk membakar lemak.

Sifat diuretik alami dari serai dapat meningkatkan urinasi sehingga Anda lebih sering buang air kecil. Imbangi juga asupan serai dengan memperbanyak minum air putih.

Selain untuk menurunkan berat badan, serai juga bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah. Asupan serai ditemukan dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

Selain itu, ekstrak minyak serai juga ditemukan mampu mengontrol kadar kolesterol. Namun, penelitian ini perlu dikaji lebih lanjut.

Cara terpopuler menikmati serai adalah mencampurnya ke dalam bahan masakan atau diminum seperti teh pada umumnya.

Namun, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi teh serai setiap hari karena berisiko menyebabkan efek samping.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Ilustrasi Minuman Jeruk NipisIlustrasi. Manfaat serai dan jeruk nipis untuk diet didapat dari kemampuan keduanya melunturkan lemak. (stevepb/Pixabay)

Nutrisi unggulan dalam jeruk nipis terdiri dari kalium, vitamin A, B, C, dan D, kalsium serta magnesium.

Salah satu manfaat populer dari air jeruk nipis yaitu membantu menurunkan berat badan karena adanya asam sitrat yang dapat meningkatkan metabolisme.

Asam sitrat juga membantu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh sehingga menyimpan lebih sedikit lemak.

Untuk mempercepat metabolisme, sebaiknya minum segelas air jeruk nipis di pagi hari atau sebelum makan. Tambahkan sedikit madu untuk penambah rasa.

Selain itu, jeruk nipis juga punya manfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengontrol gula darah.

Cara Mengonsumsi Serai dan Jeruk Nipis untuk Diet

Manfaat serai dan jeruk nipis untuk diet dianggap lebih efektif bagi tubuh dengan cara dikonsumsi sebagai minuman teh tanpa campuran gula tambahan.

Di bawah ini ada panduan atau cara membuat teh serai jeruk nipis yang bisa Anda minum saat diet.

- Rebus air sampai mendidih.
- Masukkan beberapa tangkai serai sampai aromanya tercium kuat.
- Matikan api dan masukkan teh hijau serta perasan jeruk nipis.
- Bisa ditambah sedikit madu untuk pemanis alami.
- Teh serai jeruk nipis dapat diminum selagi hangat atau bisa disajikan dingin dengan campuran es batu ke dalamnya.

Untuk menghindari risiko efek samping yang mungkin terjadi, sebaiknya teh serai campuran jeruk nipis tidak dikonsumsi berlebihan setiap hari. Idealnya 1-2 kali seminggu.

Perlu diingat bahwa manfaat serai dan jeruk nipis untuk diet juga kurang efektif hasilnya apabila tidak dikombinasikan dengan cara lain. Anda disarankan tetap rutin berolahraga, mempertahankan pola makan bergizi, dan istirahat cukup.

(avd/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER