Perlukah Vaksin Influenza untuk Hadapi Covid-19 Varian Omicron?

tim | CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 06:58 WIB
Selain vaksinasi Covid-19, perlukah perlindungan tambahan berupa vaksin influenza untuk hadapi Covid-19 varian Omicron? Selain vaksinasi Covid-19, perlukah perlindungan tambahan berupa vaksin influenza untuk hadapi Covid-19 varian Omicron? (AP/Lewis Joly)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski sudah mulai melandai, nyatanya Covid-19 belum benar-benar usai. Bahkan saat ini, dunia tengah diterpa ancaman varian Covid-19 baru yaitu Omicron.

Selain vaksinasi Covid-19, perlukah perlindungan tambahan berupa vaksin influenza?

WHO pada Jumat (26/11) lalu menyatakan Omicron, yang pertama kali terdeteksi pertengahan bulan ini di Afrika selatan, menjadi varian yang mengkhawatirkan.


Klasifikasi tersebut menempatkan Omicron ke dalam kategori varian Covid-19 yang paling meresahkan, bersama dengan Delta yang dominan secara global, dan saingannya yang lebih lemah, Alpha, Beta, dan Gamma.

Dengan kemunculan varian baru Covid-19 serta cuaca yang memasuki musim hujan, tentu perlu perlindungan lebih pada tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh melawan virus.

Perlindungan tersebut bisa dilakukan dengan memaksimalkan vaksinasi Covid-19, protokol kesehatan ketat, makan makanan bergizi dan seimbang, serta tambahan berupa vaksin influenza.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyebut vaksinasi influenza memang seharusnya dilakukan masyarakat untuk memberikan pertahanan ekstra dalam tubuh.

Menurutnya, ini juga berguna karena masyarakat Indonesia belum mendapat booster atau suntikan ketiga vaksinasi Covid-19.

"Kami menganjurkan untuk meningkatkan proteksi sebaiknya bisa diberikan vaksinasi influenza," kata Nadia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (29/11).

Menurut dia, vaksinasi influenza ini memang harus didapatkan terutama di tengah pandemi Covid-19. Tanpa cuaca buruk pun, vaksinasi jenis ini memang penting dilakukan.

Dia juga menyebut tak ada syarat khusus untuk mereka yang hendak melakukan vaksinasi influenza. Semua orang yang telah memasuki usia dewasa bisa melakukan vaksinasi ini.

"Anak-anak tidak yah kan sudah dapat HIB, dewasa saja, yang penting tidak sedang demam bisa langsung vaksin influenza," katanya.

Sebelumnya, Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) Cissy B Kartasasmita menjelaskan bahwa vaksinasi influenza juga menjadi cara paling efektif untuk melindungi diri dari penyakit influenza juga keparahan Covid-19.

"Ada hasil penelitian yang mengatakan bahwa orang yang terkena Covid berat, rata-rata itu dia tidak mendapatkan vaksinasi influenza," ujar Cissy, seperti dikutip HaiBunda.

Lalu, apa saja manfaat vaksinasi influenza? Berikut manfaat vaksin flu selama masa pandemi, menurut Cissy.

1. Mencegah sakit flu
2. Menurunkan risiko penyakit flu yang membutuhkan penanganan di rumah sakit, terutama pada anak-anak, usia produktif, dan lansia
3. Melindungi ibu hamil dan bayi yang lahir sampai usia 4 hingga 6 bulan
4. Menyelamatkan hidup anak
5. Mengurangi keparahan sakit pada orang yang divaksinasi tetapi tetap memiliki risiko

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER