Pentingnya Travel Insurance, Bukan Cuma Sekadar Buat Bikin Visa

tim | CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 17:00 WIB
Apa sebenarnya travel insurance dan apa pentingnya punya asuransi perjalanan, selain karena wajib untuk visa? Foto: kpgolfpro/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia --

Para pelancong kerap kali mengeluh soal mahalnya biaya visa yang harus dibayarkan saat ingin bepergian keluar negeri. Belum lagi dengan adanya biaya tambahan lain-lain untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan demi buat visa, salah satunya wajib punya travel insurance yang mengcover sejumlah biaya medis tertentu.

Demi menekan budget travel, banyak pelancong yang akhirnya memilih sembarang travel insurance termurah. Sekadar "yang penting ada polis hardcopy untuk dilampirkan dalam pengajuan visa, toh nantinya juga tak akan terpakai karena tak ada yang mau sakit saat liburan, jadi pasti percuma beli mahal-mahal."

Tapi apa sih sebenarnya travel insurance dan apa pentingnya punya asuransi perjalanan, selain karena wajib untuk visa?


"Asuransi perjalanan atau travel insurance adalah perlindungan komprehensif atas risiko yang mungkin terjadi di saat tertanggung melakukan perjalanan," ungkap Alwin Jasim, Head of Personal Lines & Product Development Allianz Utama Indonesia kepada CNNIndonesia.com.

"Ada berbagai risiko yang tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja, bahkan dalam perjalanan liburan sekalipun. Jadi manfaat asuransi perjalanan sebenarnya bukan hanya untuk memenuhi persyaratan visa atau negara tujuan, tetapi untuk memberikan ketenangan hati dan pikiran apabila terjadi hal - hal yang tidak diinginkan selama perjalanan."

Jangan asal murah

Secara umum, setiap asuransi perjalanan bakal mengcover perlindungan pembatalan dan perubahan perjalanan, sakit yang bukan disebabkan oleh penyakit yang sudah ada saat ini (pre-existing illness) ataupun Covid-19, keterlambatan perjalanan dan bagasi, gangguan perjalanan dan kehilangan transportasi lanjutan, kecelakaan diri, evakuasi, repatriasi, tanggung jawab pribadi, serta perlindungan atas kerusakan dan kehilangan bagasi, serta layanan Emergency Assistant online 24 jam yang siap membantu dalam kondisi darurat.

"Asuransi perjalanan berbeda dengan asuransi kesehatan pada umumnya, karena asuransi perjalanan tidak hanya menjamin manfaat medis dan manfaat terkait medis, namun juga memberikan manfaat untuk ketidaknyamanan perjalanan, seperti perlindungan pembatalan dan perubahan perjalanan, keterlambatan perjalanan dan bagasi, gangguan perjalanan dan kehilangan transportasi lanjutan, kecelakaan diri, evakuasi, repatriasi, tanggung jawab pribadi, serta perlindungan atas kerusakan dan kehilangan bagasi."

Tentu saja tak ada yang berencana sakit ketika lagi liburan, waktu untuk bersenang-senang dan juga kesempatan menjelajahi negara yang belum tentu bisa didatangi lagi bakal hilang. Yang lebih menyedihkan, kalau ternyata sakit yang dialami tak bisa disembuhkan oleh obat lokal yang sering dibawa dari Indonesia, salah-salah dirawat di rumah sakit jadi sebuah keharusan saat ada di negara orang.

Ilustrasi wisatawanFoto: SplitShire
Ilustrasi wisatawan

Satu yang harus diingat, biaya rumah sakit itu tak pernah murah, apalagi di luar negeri. Bisa-bisa kantong langsung jebol hanya untuk biaya rumah sakit di luar negeri, sementara Anda berada di negara orang dan bukan jadi warga negaranya sehingga pemerintah setempat tak bakal menanggung biaya rawat. Hal-hal inilah yang berusaha dicegah oleh pemerintah di seluruh dunia terhadap pelancong yang datang ke negaranya dengan menjaminkan melalui asuransi perjalanan.

"Ketika terpapar Covid di luar negeri dan menurut dokter harus dikarantina, hal ini tentunya membuat perjalanan yang telah direncanakan akan terganggu, dan tiket wisata yang telah dibeli mungkin akan hangus. Dalam hal ini, manfaat asuransi perjalanan dapat memberikan penggantian atas biaya tiket yang telah dibayarkan, dan tidak dapat di-refund," katanya.

"Selain itu, tertanggung juga akan mendapatkan manfaat tambahan untuk karantina ketika terpapar Covid-19. Masih banyak manfaat lainnya yang dapat membantu menenangkan hati dan pikiran tertanggung, seperti evakuasi dan repatriasi medis, serta biaya pemakaian telepon dan internet darurat."

Yang harus diperhatikan saat pilih travel insurance:

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER