Mengenal Metode ERACS yang Dijalani Nagita Slavina saat Melahirkan

tim | CNN Indonesia
Rabu, 01 Des 2021 08:15 WIB
Nagita Slavina melahirkan dengan persalinan Caesar metode ERACS. Berikut penjelasan mengenai metode ERACS. Nagita Slavina melahirkan dengan persalinan Caesar metode ERACS. Berikut penjelasan mengenai metode ERACS.(Foto ilustrasi: iStockphoto/Motortion)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nagita Slavina melahirkan putra keduanya yang bernama Rayyanza Malik Ahmad dengan persalinan Caesar metode ERACS. Metode ini membuat proses pemulihan pascamelahirkan lebih cepat dibandingkan proses Caesar biasa.

Metode ERACS merupakan singkatan dari Enhanced Recovery after Caesarean Surgery atau percepatan pemulihan setelah operasi Caesar. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, Zeissa Rectifa Wismayanti menjelaskan metode persalinan ERACS adalah proses melahirkan yang diterapkan dalam tindakan operasi Caesar dengan tujuan mempersingkat masa perawatan pasien pascaoperasi.

Selain itu, metode ERACS menggunakan alat ukuran kecil yang tajam. Alat ini membuat kerusakan jaringan lebih kecil. Selain itu, juga lebih minim rasa nyeri yang dirasakan oleh ibu.


"Setiap proses melahirkan atau operasi apapun pasti menimbulkan rasa nyeri pada pasien yang menjalankannya. Tapi melalui ERACS ini, proses operasi lebih minim rasa nyeri," kata Zeissa dalam webinar Metode Pemulihan Cepat pada Persalinan, pada Oktober lalu.

Zeissa mengatakan ibu yang melahirkan dengan metode ERACS bisa melakukan kegiatan dan merawat bayi lebih cepat. Misalnya, berjalan ke kamar mandi, menyusui, hingga duduk nyaman tanpa kesakitan karena banyak bergerak. Masalah-masalah ini biasanya kerap muncul setelah operasi Caesar biasa.

"Seperti tidak beda dengan melahirkan pervaginam yang membuat para ibu lebih mudah dan cepat bergerak bebas," kata Zeissa.

Hal ini terlihat pada Nagita Slavina yang menjalani proses ERACS pada Jumat (26/11). Setelah dua hari, Nagita diperbolehkan pulang ke rumah. Nagita juga tampak bisa berjalan seperti biasa. Pada Selasa (25/11), Nagita sudah beraktivitas seperti biasa. Dia menjalani syuting secara live saat mengumumkan nama anak keduanya di kediamannya.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER