Filipina Bersiap Buka Lagi Gerbang Pariwisata

CNN Indonesia
Rabu, 01 Dec 2021 13:33 WIB
Filipina akan menyambut kembali turis yang divaksinasi penuh dari sebagian besar negara minggu depan, kata pemerintah Jumat (26/11). Suasana di Boracay, Filipina. (REUTERS/ELOISA LOPEZ)
Jakarta, CNN Indonesia --

Filipina akan menyambut kembali turis yang divaksinasi penuh dari sebagian besar negara minggu depan, kata pemerintah Jumat (26/11), lebih dari 20 bulan setelah menutup perbatasannya untuk mencegah virus corona.

Penurunan infeksi Covid-19 dan meningkatnya cakupan vaksin akan memungkinkan negara itu untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata yang terpukul dengan pembukaan kembali 1 Desember, juru bicara Presiden Rodrigo Duterte Karlo Nograles mengatakan kepada wartawan.

Turis yang divaksinasi lengkap dari 157 negara tidak akan dikarantina jika mereka dites negatif untuk virus sesaat sebelum penerbangan mereka dan jika mereka belum bepergian ke negara-negara dengan tingkat infeksi tinggi dalam dua minggu sebelumnya.


Daftar negara yang disetujui yang disediakan oleh Nograles, tidak termasuk China, pasar turis Filipina yang tumbuh paling cepat, serta Taiwan dan India.

Tetapi itu termasuk 10 sumber pariwisata teratas Manila yang tersisa, yang meliputi Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Australia, Kanada, Inggris, dan Jerman.

Daftar tersebut memungkinkan dimulainya kembali perjalanan bebas visa untuk kunjungan singkat di bawah 30 hari ke warga negara dari 157 negara yang telah menikmati masuk bebas izin ke Filipina sebelum pandemi dimulai.

"Ini benar-benar peluang dan peluang kita untuk rebound ekonomi," tambahnya.

Pariwisata adalah pendorong utama ekonomi negara Asia Tenggara, menyumbang hampir 13 persen dari produk domestik bruto pada 2019, ketika lebih dari delapan juta orang berkunjung, data resmi menunjukkan.

Itu merosot menjadi 5,4 persen tahun lalu karena kedatangan turis anjlok 82 persen menjadi 1,48 juta.

Pemerintah telah melonggarkan pembatasan virus dalam beberapa pekan terakhir karena tingkat infeksi harian berada di level terendah sejak awal tahun dan tingkat vaksinasi nasional meningkat.

Sekitar sepertiga dari 110 juta penduduk negara itu telah divaksinasi lengkap.

Filipina telah mencatat lebih dari 2,8 juta infeksi sejak awal pandemi, termasuk hampir 48 ribu kematian.



(AFP/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER