5 Makanan Terlarang Dipanaskan di Microvawe

tim | CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 15:36 WIB
Memanaskan makanan bisa jadi cepat dan praktis dengan microwave.Untuk meminimalkan risiko jangan menggunakannya untuk memasak atau menghangatkan makanan berikut Memanaskan makanan bisa jadi cepat dan praktis dengan microwave.Untuk meminimalkan risiko jangan menggunakannya untuk memasak atau menghangatkan makanan berikut(Maximkostenko/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Microvawe memang jadi salah satu kemajuan teknologi yang memudahkan pekerjaan di dapur. Memanaskan makanan bisa jadi cepat dan praktis dengan microwave.

Namun, tak semua makanan bisa dihangatkan di dalam microwave. Makanan tertentu bisa menjadi sangat beracun , ada juga yang 'meledak' ketika dipanaskan di microwave.

Mengutip The Healthy, microwave tidak memasak makanan secara merata, yang sering berarti bahwa bakteri apa pun yang ada dalam makanan yang dipanaskan akan bertahan.Lalu ada masalah ledakan gelombang mikro yang secara langsung berkontribusi pada produksi racun karsinogenik. Untuk meminimalkan risiko dari microwave, jangan menggunakannya untuk memasak atau menghangatkan makanan berikut:


1. Telur rebus

Dikupas atau tidak, ketika telur rebus dimasak dalam microwave, uap air di dalamnya menciptakan penumpukan uap yang ekstrem, seperti penanak tekanan mini, hingga telur bisa meledak.

2. ASI

Ketika ASI dibekukan untuk disimpan, banyak yang ingin melelehkannya dengan cepat. Banyak yang memanfaatkan microwave untuk hal ini. gelombang mikro juga dapat menghangatkan sebotol ASI secara tidak merata, menciptakan "titik panas" yang dapat membakar mulut dan tenggorokan bayi.Lalu ada bahaya karsinogen yang datang dengan memanaskan plastik.FDA merekomendasikan agar ASI dan susu formula dicairkan dan dipanaskan menggunakan panci di atas kompor.

3. Daging olahan

Daging olahan sering mengandung bahan kimia dan pengawet untuk memperpanjang umur simpannya. Microwave mereka dapat membuat zat-zat itu lebih buruk bagi kesehatan Anda.

Sebuah studi dalam jurnal Food Control menunjukkan bahwa memanaskan kembali daging olahan dengan microwave berkontribusi pada pembentukan produk oksidasi kolesterol(COP), yang dikaitkan dengan risiko penyakit jantung koroner..

4. Nasi

Menurut Food Standards Agency, memanaskan nasi dengan microwave bisa menyebabkan keracunan makanan. Hal ini disebabkan oleh bakteri beracun Bacillus cereus. memanaskannya bisa membunuh bakteri tersebut tapi sporanya ternyata tahan panas.

B. cereus adalah jenis bakteri yang menghasilkan racun.Racun ini dapat menyebabkan dua jenis penyakit: satu jenis ditandai dengan diare, dan yang lainnya, yang disebut toksin emetik, yang ditandai dengan mual dan muntah.

5. Sayuran hijau dan bit

Memanaskan sayuran hijau dengan microwave juga tak disarankan. Penelitian menyebut, ketika dipanaskan dalam microwave, nitrat yang terbentuk secara alami (yang sangat baik untuk Anda sendiri) dapat berubah menjadi nitrosamin, yang dapat bersifat karsinogenik.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER