5 Ciri Sperma yang Sehat dan Berkualitas untuk Pembuahan

Tim | CNN Indonesia
Sabtu, 04 Dec 2021 18:40 WIB
Mengenali ciri sperma yang sehat dapat bermanfaat khususnya bagi pasangan suami-istri yang ingin segera memiliki momongan. Ciri sperma yang sehat dan berkualitas untuk meningkatkan terjadinya pembuahan. (Ilustrasi Foto: Istock/iLexx)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesuburan pria terletak pada sperma sebagai elemen penting dalam reproduksi. Sperma yang sehat dan subur akan memperlancar proses pembuahan.

Sebaliknya, sperma yang tidak subur cenderung kesulitan membuahi sel telur yang berada di rahim wanita.

Mengenali ciri sperma yang sehat dan subur bermanfaat khususnya bagi pasangan suami-istri yang ingin segera memiliki momongan.


Berikut ciri-ciri sperma sehat, dihimpun berbagai sumber.

1. Jumlahnya banyak

Kuantitas atau jumlah sperma yang sehat adalah sekitar 15 juta atau lebih untuk setiap mililiter (mL) semen, merujuk Healthline. Kurang dari jumlah tersebut sperma dianggap tidak subur atau disebut sebagai oligospermia.

Semakin volume sperma yang dihasilkan saat pria ejakulasi, semakin besar pula kemungkinan salah satu sel sperma untuk berhasil membuahi sel telur.

Untuk bisa mengetahui kuantitas sperma yang dihasilkan secara akurat, Anda bisa melakukan tes kesuburan.


2. Gerakannya gesit

Ilustrasi sperma dan ovumSperma yang geraknya gesit menjadi ciri sperma yang sehat dan subur.  (Foto: Thinkstock/Sashkinw)

Dari semua sel sperma yang ada, mungkin tak semuanya akan bergerak aktif dan ini adalah normal.

Namun setidaknya, dibutuhkan sekitar 40 persen atau lebih dari total sel sperma yang ada (spermatozoa) yang bisa bergerak normal dan berenang dengan baik sampai ke sel telur.

Pergerakan sperma yang gesit menjadi tanda sperma subur. Semakin lincah pergerakan sperma, membuatnya lebih cepat sampai rahim untuk melakukan pembuahan.

Untuk mengetahui cepat-tidaknya pergerakan sperma, Anda dapat memeriksakannya ke laboratorium.


3. Bentuk sperma normal

Sperma yang sehat memiliki kepala yang bulat dan ekor yang panjang dan kuat. Sperma yang struktur dan bentuknya normal lebih mungkin untuk mencapai sel telur.

Lain halnya dengan sperma yang tidak subur. Sperma tidak subur ditunjukkan dengan bentuk abnormal atau cacat, misalnya kepala yang tidak bulat, lebih besar, atau ekornya bengkok dan lebih pendek dibandingkan sperma subur.

Dengan demikian, semakin banyak sperma subur dengan bentuk normal pada air mani, akan semakin lebih mudah sperma berenang mencapai sel telur.


4. Air mani kental

ilustrasi kesehatan priaAir mani yang kental seperti jeli dikaitkan sebagai ciri sperma subur. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Diy13)


Air mani yang kental seperti jeli menjadi salah satu faktor kemungkinan ciri sperma subur dan normal. Ciri ini biasanya dikaitkan dengan banyaknya jumlah sel sperma.

Selain itu, sperma yang kental juga lebih sedikit mengalir keluar dari vagina, merujuk Healthline. Ini pun meningkatkan peluang wanita untuk hamil.

Sementara air mani yang cenderung encer umumnya menandakan jika sel sperma tidak subur, sering ejakulasi, tubuh atau kekurangan zinc.

Meski demikian, tingkat konsentrasi air mani bukan tolok ukur yang pasti untuk menandakan sperma subur atau tidak. Pasalnya, kekentalan air mani bisa berubah tergantung kadar cairan tubuh.

Hanya saja, jika air mani selalu encer Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter.


5. Air mani berwarna putih

Air mani yang sehat dicirikan dengan warna putih keruh atau keabuan dan sedikit kekuningan. Sementara warna yang cenderung bening atau tak biasa, menjadi tanda sebaliknya.

Selain itu, air mani disertai bau basa yang tidak terlalu menyengat. Akan tetapi, kondisi ini dapat bervariasi pada masing-masing pria.

Demikian ciri sperma yang sehat dan subur. Kunci menjaga agar kualitas dan kuantitas sperma tetap baik adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

(fef/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER