Bir Rasa Kubis dan Kacang Polong, Bir Natal Asli Islandia

tim | CNN Indonesia
Rabu, 08 Dec 2021 16:49 WIB
Bir biasanya dibuat dari gandum dan hops. Namun di Islandia, bir Natal tahun ini terbuat dari kacang polong dan kubis merah yang dimarinasi. Bir biasanya dibuat dari gandum dan hops. Namun di Islandia, bir Natal tahun ini terbuat dari kacang polong dan kubis merah yang dimarinasi. ( AFP/HALLDOR KOLBEINS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bir biasanya dibuat dari gandum dan hops. Namun di Islandia, bir Natal tahun ini terbuat dari kacang polong dan kubis merah yang dimarinasi. Bir sayuran ini sudah jadi hit laris manis di negara tersebut.

Batch pertama 6.000 kaleng terjual habis dalam beberapa jam, dan telah digantikan oleh 18.000 lainnya.

Dibuat oleh tempat pembuatan bir kecil di Reykjavik, resep untuk "Ora Jolabjor" -- Ora Christmas Beer -- terinspirasi oleh makan malam Natal di Islandia. Bir ini dibuat dari campuran kacang polong dan kubis dicampur dengan malt, hop, dan cengkeh.


Mengutip AFP, pesta Yuletide nasional biasanya menampilkan kacang polong dan kubis merah di samping kaki domba asap dan kentang karamel.

Bir baru, yang memiliki kandungan alkohol 5,2 persen, adalah gagasan dari Valgeir Valgeirsson, pembuat bir utama di RVK Brewing.

Meskipun mungkin tidak terdengar menggugah selera sebagai minuman, kombinasi kacang polong dan kubis sangat simbolis bagi orang Islandia.

"Saya terkejut dengan betapa enak rasanya dan betapa menyenangkannya," kata Hedinn Unnsteinsson, seorang penasihat pemerintah berusia 51 tahun, yang mengakui bahwa bir memang memiliki bau yang menyengat.

Ini bukan pertama kalinya dia membuat bir dengan campuran yang aneh. Sebelumnya dia pernah membuat bir Natal populer dari ganggang, batang pohon Natal, dan bahkan ikan kering.

"Bir ikan itu "aneh," kata Valgeirsson.

[Gambas:Video CNN]



(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER