Parafilia Eksibisionis, Penyimpangan Seks Yang Diduga Dialami Siskaeee

tim | CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 17:51 WIB
Penyimpangan atau kelainan seksual bisa dialami siapa saja. Bentuknya bermacam-macam, salah satunya parafilia eksibisionis yang diduga dialami Siskaeee. ilustrasi ( iStockphoto/GeorgeRudy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyimpangan atau kelainan seksual bisa dialami siapa saja. Bentuknya bermacam-macam, salah satunya parafilia eksibisionis yang diduga dialami Siskaeee setelah video dirinya memperlihatkan payudara dan alat kelamin di Bandara Internasional Yogyakarta tersebar.

Apa itu parafilia eksibisionisme seperti yang diduga dialami Siskaeee?

Mengutip dari Study, istilah paraphilia atau parafilia adalah perilaku yang mencakup beberapa gangguan psikologis spesifik. Umumnya melibatkan gairah seksual dengan berfantasi atau terlibat dalam aktivitas seksual dengan objek atau karakteristik tertentu. Singkatnya, parafilia adalah gangguan yang melibatkan fantasi dan tindakan seksual yang tidak biasa.


Menurut Seksolog Haekal Anshari, parafilia adalah bentuk kelainan seksual, sementara eksibisionisme adalah kelainan seksual yang memperlihatkan atau mempertontonkan alat kelaminnya dengan maksud kepuasan pribadi.

"Pelaku mendapatkan kepuasan seksual dengan membuat orang lain terkejut, takut atau terkesan dengan perilakunya tersebut bahkan ada yang sampai melakukan masturbasi di tempat umum," kata Haekal saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (7/12).

Seseorang bisa dikategorikan eksibisionis jika hal ini dilakukan berulang kali dan intens dalam waktu 6 bulan.

Ciri dan penyebab eksibisionisme'

Menurut Haekal perilaku ini tak bisa dilihat hanya dari segi fisik saja. Sebab eksibisionisme merupakan sebuah perilaku menyimpang yang hanya bisa dilihat dari segi psikis.

"Beberapa pelaku mungkin mengalami gangguan dalam berinteraksi sosial," kata dia.

Umumnya eksibisionis dialami pria meskipun ada beberapa wanita yang bisa mengalami kelainan ini. Berikut hal-hal yang diduga bisa memicu perilaku eksibisionis.

1. Trauma masa kecil
2. Pernah mengalami pelecehan seksual dari orang lain,
3. Kesulitan mengekspresikan perasaan.
4. Sulit memulai hubungan dengan orang lain
5. Berulang kali mendapatkan aktivitas seksual yang menyenangkan dengan kondisi atau objek tertentu sehingga terbentuklah parafilia.

Jerat hukum dan cara penyembuhan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER