Pangeran Harry Sebut Resign Kerja Bisa Jadi Baik Buat Kesehatan Mental

tim | CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 20:50 WIB
Dalam wawancaranya dengan sebuah media, Pangeran Harry menyebut bahwa resign bisa jadi baik buat kesehatan mental. Dalam wawancaranya dengan sebuah media, Pangeran Harry menyebut bahwa resign bisa jadi baik buat kesehatan mental. (AFP/ADRIAN DENNIS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pangeran Harry 'resign' dari anggota keluarga Kerajaan Inggris dan kini bekerja di sebuah perusahaan startup teknologi, BetterUp yang menyediakan layanan pembinaan serta kesehatan mental untuk bisnis dan individu.

Keputusannya buat resign dari Kerajaan Inggris ini tampaknya memberi banyak pelajaran. Dalam wawancaranya dengan Fast Company, Harry menyebut bahwa resign dari pekerjaan bukanlah hal yang buruk, meskipun di masa pandemi.

"Padahal, [resign] itu adalah tanda bahwa dengan kesadaran diri muncul kebutuhan akan perubahan. Banyak orang di seluruh dunia terjebak dalam pekerjaan yang tidak membuat mereka bahagia, dan sekarang mereka mengutamakan kesehatan mental dan kebahagiaan mereka," ujar Harry seperti dikutip dari wawancara tersebut.


"Ini adalah sesuatu yang harus dirayakan."

Harry memegang jabatan sebagai chief impact officer dengan cakupan tanggung jawab meliputi, strategi produk, filantropi, dan advokasi publik terkait kesehatan mental. Dia bercerita, saat kali pertama bergabung di perusahaan, ada beberapa hal yang menjadi fokus antara lain, mendorong advokasi dan kesadaran untuk kebugaran mental, memandu misi dan dampak sosial BetterUp, dan memperluas komunitas global.

"Pekerjaan ini tidak pernah menjadi lebih penting karena orang akhirnya memperhatikan, dan komponen besar dari misi ini adalah membangun kesadaran dan terus merintis percakapan [mengenai kesehatan mental]," imbuhnya.

Harry dan sang istri, Meghan Markle memang banyak mengangkat diskusi soal kesehatan mental. Bahkan dalam wawancara dengan presenter kawakan Oprah Winfrey, Meghan pernah mengungkapkan bahwa dirinya pernah punya pikiran untuk mengakhiri hidup.

Menjadi pasangan seorang bangsawan Inggris memang tidak mudah. Meghan yang biasa disorot kamera karena karier di dunia akting, harus jadi bulan-bulanan media Inggris. Tak lagi soal hubungannya dengan Harry, tetapi kadang menyinggung rasial.

"Saya tidak ingin hidup lagi. Dan itu sangat jelas dan nyata dan menakutkan, pemikiran yang konstan," ujar Meghan pada Oprah seperti dikutip dari CNN.

Keduanya pun muncul dalam serial bertema kesehatan mental di Apple TV+. Serial bertajuk 'The Me You Can't See' ini juga menampilkan Lady Gaga, Glenn Close dan DeMar DeRozan yang turut mencurahkan pengalaman mereka soal kesehatan mental yang buruk.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER