24 Ide Games Tahun Baru 2022 di Rumah yang Seru dan Murah

CNN Indonesia
Rabu, 29 Dec 2021 17:44 WIB
Ide games Tahun Baru 2022 ada banyak dan murah. Bahkan, Anda bisa menggunakan barang-barang di rumah. Ilustrasi. Ide games Tahun Baru 2022 ada banyak dan murah. (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi membatasi ruang gerak berkerumun, termasuk untuk perayaan Tahun Baru 2022. Namun, memeriahkannya bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menonton film hingga bermain gim.

Terdapat 24 ide games Tahun Baru 2022 di rumah yang bisa Anda mainkan bersama teman atau keluarga. Dengan begitu, kehangatan momen malam tahun baru tidak terlewatkan.

Ide Games Tahun Baru 2022


Group of friends holding burning sparklers against the skyIlustrasi. Ada banyak ide games Tahun Baru 2022 yang bisa Anda coba di rumah. (iStockphoto/martin-dm)

Berikut ini sejumlah games seru untuk menjalani malam pergantian tahun.

1. Tebak kata

Permainan ini dilakukan dua orang dan satu orang moderator. Moderator memberikan satu kata yang harus dijawab oleh salah seorang peserta.

Adapun lawan mainnya harus menjawab kata tersebut sesuai kisi-kisi dari temannya. Permainan ini bisa dilakukan per 30 detik.

Barang yang Anda perlukan hanya selembar kertas, spidol, dan stopwatch.

2. Tebak gambar

Gim ini dilakukan oleh dua orang. Satu orang memberi kisi-kisi, yang lainnya menjawab sambil memegang gambar di atas kepalanya. Sama seperti gim pertama, Anda cukup melakukannya per 30 detik.

Barang yang diperlukan hanya gambar hewan atau barang serta pewaktu.

3. Ludo

Jika ingin melibatkan lebih banyak orang, Ludo juga bisa jadi ide games tahun baru 2022 yang bisa Anda coba.

Cara memainkannya, setiap orang bergiliran melempar dadu dan memindahkan bidak sesuai angka yang ditampilkan dadu. Orang yang pertama memindahkan bidak ke titik tengah, maka dia pemenangnya.

4. Merangkai domino

Permainan seru di rumah selanjutnya yakni merangkai domino. Permainan ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

Cara memainkannya, cukup rangkai setiap bidak domino sesuai keinginan. Anda bisa memasangnya di satu ruangan atau ke ruangan lain.

Menjelang detik-detik pergantian tahun, Anda bisa meruntuhkannya dan mendokumentasikannya untuk diunggah ke media sosial.

5. Tebak gaya

Sejumlah warga masyarakat menikmati pesta kembang api  di Pantai Lagoon, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Pesta kemang api tersebut untuk menyambut tahun baru 2020. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pd.Ilustrasi. Tebak gaya jadi salah satu ide games Tahun Baru 2022. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Selanjutnya adalah tebak gaya. Barang yang diperlukan untuk gim ini hanya kertas berisi nama hewan atau aktivitas yang harus ditirukan. Kata yang ditulis bisa dua atau tiga.

Peserta bisa diisi dua tim atau lebih. Cara memainkannya, moderator akan menunjuk satu orang di satu tim sebagai peraga. Adapun anggota tim lainnya menebak gaya yang ditirukan peraga.

6. Merangkai kalimat

Bagi tim menjadi dua, lalu setiap tim harus merangkai kalimat dari satu kata yang disampaikan moderator. Tim yang berhasil merangkai kata dalam kurun waktu tertentu adalah pemenangnya.

7. Antonim gerak

Anda tak perlu membagi kelompok dalam permainan ini. Cara mainnya, satu orang maju ke depan, lalu meloncat ke kanan. Artinya, peserta lain harus meloncat ke kiri. Begitu seterusnya.

Jika ada yang salah langkah, maka akan mendapatkan hukuman.

8. Tebak-tebakan

Panitia menyediakan sejumlah kertas berisi tebak-tebakan yang dibagi rata dan disimpan di masing-masing ujung meja.

Cara mainnya, setiap orang berkesempatan menyampaikan tebak-tebakannya. Orang yang di hadapannya harus menjawabnya.

Jika berhasil dijawab, poin diambil oleh penjawab. Sementara itu, jika tidak berhasil, penyampai tebak-tebakan bisa menyampaikan jawabannya. Apabila lawannya tertawa, maka pemberi soal mendapatkan dua poin.

9. Balap karet

Family and friends enjoying Asado party on sunny day. Males and females are spending leisure time together. They are in backyard during summer.Ilustrasi. Balap karet juga jadi salah satu ide games Tahun Baru 2022. (istockphoto/Morsa Images)

Anda hanya cukup bermodalkan karet gelang untuk gim ini.

Adapun caranya, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing memasangkan karet di dahi dan harus bisa memindahkannya ke leher tanpa bantuan tangan. Peserta yang paling cepat menyelesaikan misi, dia-lah pemenangnya.

10. Tebak silsilah keluarga

Gim ini hanya menggunakan kertas dan bolpoin. Panitia hanya perlu menuliskan pertanyaan silsilah keluarga. Contoh pertanyaannya, siapa anak pertama dari Bapak Sugiri?

Siapa yang paling cepat mengangkat tangan dan benar menjawab pertanyaan akan mendapatkan poin. Poin tertinggi bisa mendapatkan hadiah.

Simak ide games Tahun Baru 2022 lainnya di halaman berikutnya..

Ide Games Tahun Baru 2022 di Rumah yang Seru dan Murah

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER