Cara Paling Efektif Hilangkan Kantuk saat Bekerja

tim | CNN Indonesia
Rabu, 15 Des 2021 13:05 WIB
Anda bisa melakukan sejumlah cara hilangkan mengantuk saat bekerja. Berikut cara paling efektif menghilangkan mengantuk saat bekerja. Anda bisa melakukan sejumlah cara hilangkan mengantuk saat bekerja. Berikut cara paling efektif menghilangkan ngantuk saat bekerja.(Foto: Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rasa kantuk kerap kali datang saat sedang bekerja. Padahal, masih ada meeting atau deadline yang harus diselesaikan. Rasa mengantuk yang dibiarkan dapat membuat Anda terus menguap, mengganggu produktivitas, hingga tertidur saat bekerja.

Agar hal tersebut tak terjadi, Anda bisa melakukan sejumlah cara menghilangkan kantuk saat bekerja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan mulai dari makan makanan sehat, minum air putih, mendengarkan musik, hingga menggunakan aromaterapi.

Namun, dari banyak cara itu, studi menunjukkan cara paling efektif menghilangkan kantuk saat bekerja adalah dengan bergerak. Semakin cepat, semakin baik.


Dikutip dari CNN, praktisi nutrisi Tansy Rodgers menjelaskan gerakan membantu tubuh mencerna makanan, menstabilkan gula darah, dan melepaskan hormon epinefrin dan norepinefrin. Hal ini semuanya membantu mengurangi kantuk.

Oleh karena itu, Rodgers menyarankan untuk bergerak saat kantuk menggerogoti tubuh. Tak perlu harus melakukan olahraga berat, cukup gerakan ringan seperti berjalan atau peregangan. Pelatih kebugaran Chris Lee menyarankan untuk melakukan gerakan ringan selama 90 detik setiap jam untuk menghilangkan nantuk.

Berikut cara efektif menghilangkan kantuk saat bekerja:

1. Peregangan

Lakukan gerakan peregangan sederhana untuk mengatasi kantuk. Peregangan membuat darah tetap mengalir dan mengembalikan energi tubuh. Anda bisa melakukan peregangan melingkarkan lengan, memutar leher, memutar tulang belakang, hingga meregangkan kaki.

Gerakan seperti sit up atau lunge juga bisa dilakukan.

2. Berdiri

Alih-alih terus duduk dan bekerja, cobalah bekerja sambil berdiri. Gerakkan kaki Anda ke kiri dan ke kanan serta ke depan dan ke belakang. Cara ini bisa mengatasi kantuk yang mendera. Berdiri setiap beberapa menit bisa membantu mengurangi kantuk.

3. Berjalan ke luar

Coba tinggalkan pekerjaan Anda sejenak. Berjalanlah ke luar ruangan untuk mencari udara segar. Aktivitas ini bisa meningkatkan suasana hati dan membuat tubuh lebih energik sehingga menghilangkan rasa kantuk.

Itulah cara paling efektif menghilangkan kantuk saat bekerja yang bisa Anda coba.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER