Arti Minum Obat 3x1 dan Efek Jika Tak Ikuti Resep

tim | CNN Indonesia
Jumat, 17 Des 2021 09:20 WIB
Dokter biasanya meresepkan obat untuk pasien dengan berbagai jenis instruksi, seperti 1x1, 2x1, serta 3x1. Namun, apa arti minum obat 3x1? Dokter biasanya meresepkan obat untuk pasien dengan berbagai jenis instruksi, seperti 1x1, 2x1, serta 3x1. Namun, apa arti minum obat 3x1? (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dokter biasanya meresepkan obat untuk pasien dengan berbagai jenis instruksi, seperti 1x1, 2x1, serta 3x1. Namun, apa arti minum obat 3x1?

Dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah RS Siloam Lippo Karawaci, Vito Anggarino Damay mengatakan bahwa arti minum obat 3x1 adalah mengonsumsi obat tiga kali sehari dengan selang waktu 8 jam.

"Jika minumnya terlongkap maka ada saat zat obat tersebut tidak ada atau sangat kecil jumlahnya di tubuh kita sehingga ya efek pengobatan yang diinginkan tidak tercapai," papar Vito saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (17/12).

"Kalau lebih minumnya, misalnya dobel dalam waktu 8 jam minum dua kali artinya efek obatnya berlebihan," tambahnya.

Senada dengan Vito, dokter spesialis penyakit dalam RA Adaninggar mengungkapkan bahwa jika obat tidak diminum sesuai anjuran, maka menjadi tidak efektif.

"Tiap obat memiliki waktu paruh tertentu (waktu di mana dosis di tubuh jadi separuhnya), berapa kali konsumsi sehari itu terkait waktu paruh masing-masing obat. Karena obat itu baru akan bekerja jika kadarnya mencapai kadar minimal bekerja di dalam tubuh," papar Adaning saat dihubungi terpisah.

"Hal ini terutama sangat penting pada antibiotik karena antibiotik memiliki kadar minimal yang efektif untuk bisa 'membunuh' bakteri jadi harus dipertahankan kadar itu. Jadi minumnya disesuaikan waktu paruh masing-masing jenis antibiotik," tambah Adaning.

Setelah mengetahui arti minum obat 3x1, pahami juga cara aman mengonsumsi obat dari dokter. Berikut panduan aman mengonsumsi obat, seperti dikutip dari National Institutes of Health AS.

1. Ikuti instruksi

Baca semua label obat. Pastikan untuk meminum obat Anda dengan cara yang benar. Misalnya, jangan gunakan obat batuk dan pilek yang dijual bebas jika Anda hanya pilek dan tidak batuk.

2. Gunakan jumlah yang tepat

Jangan mengambil dosis yang lebih besar dari obat berpikir itu akan membantu Anda lebih banyak. Ini bisa sangat berbahaya, bahkan mematikan. Dan, jangan melewatkan atau mengambil setengah dosis obat resep untuk menghemat uang.

Konsultasikan dengan dengan dokter atau apoteker Anda jika Anda tidak mampu membeli obatnya.

3. Minum obat tepat waktu

Beberapa orang menggunakan waktu makan atau tidur sebagai pengingat untuk minum obat. Namun ada pula yang menggunakan bagan, kalender, atau kotak pil mingguan.

Anda sebaiknya juga mengatur waktu dan menulis pengingat untuk minum obat.

4. Nyalakan lampu

Jangan minum obat dalam gelap; jika tidak, Anda mungkin membuat kesalahan.

5. Jangan berbagi resep

Jangan meminum obat yang diresepkan untuk orang lain atau memberikan resep obat Anda kepada orang lain.

6. Laporkan masalah

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki masalah dengan resep. Selain itu, minum obat resep sampai habis atau sampai dokter mengatakan tidak apa-apa untuk berhenti.

Itulah arti minum obat 3x1 serta panduan meminum obat yang perlu Anda cermati.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER