5 Mitos Tahun Baru, Bakar 'Masa Lalu' hingga Ciuman Keberuntungan

tim | CNN Indonesia
Jumat, 31 Dec 2021 21:15 WIB
Ada sejumlah mitos tahun baru yang berkembang di berbagai belahan dunia. Apa saja? Ada sejumlah mitos tahun baru yang berkembang di berbagai belahan dunia. Apa saja? (iStockphoto/martin-dm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Malam pergantian tahun selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh hampir semua orang di dunia. Momen ini juga telah menjadi perayaan istimewa sejak zaman dulu dengan kemeriahan di berbagai belahan dunia.

Namun di balik itu, ada sejumlah mitos tahun baru yang berkembang di berbagai belahan dunia.

Manusia cenderung menyukai momen yang memberi makna pada perjalanan waktu. Tak jarang, momen ini juga disandingkan dengan ritual penghormatan dan keberuntungan.


Hanya saja, terkadang ini membawa kesalahpahaman hingga memunculkan berbagai mitos yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia.

Berikut beberapa mitos tahun baru yang masih dipercaya sebagian besar orang hingga saat ini.

1. Membakar 'masa lalu'

Tahun baru memang identik dengan bakar-bakaran. Ada yang membuat pesta dengan membakar daging dan makanan lainnya sambil menyalakan kembang api bertepatan dengan waktu pergantian tahun.

Kepercayaan lainnya adalah membakar 'masa lalu' yang membebani Anda. Sebagaimana dilansir Elite Daily, orang Ekuador kerap melakukan ritual bakar barang-barang dari masa lalu setiap tahun pada malam tahun baru. Ini dilakukan untuk memastikan tahun baru mereka tidak terbebani dengan beban masa lalu yang menghantui.

Menurut Condé Nast Traveler, penduduk setempat akan mengumpulkan satu atau beberapa foto yang melambangkan segala sesuatu yang tidak ingin mereka 'bawa' ke tahun baru, lalu membakarnya.

2. Berciuman tepat di malam pergantian tahun

Banyak yang percaya, mencium seseorang yang Anda cintai di malam pergantian tahun bisa membawa keberuntungan sepanjang tahun.

Namun, mitos ini tidak dapat dibuktikan. Kendati demikian, tidak ada salahnya jika merayakan tahun baru dengan mencium pasangan yang Anda cintai.

Selain terasa romantis, momen ini juga bisa menjadi momen berkesan untuk perjalanan hubungan Anda dan pasanngan.

3. Bebersih rumah

Membersihkan rumah adalah hal yang biasa dilakukan. Namun menurut tradisi China, membersihkan rumah saat tahun baru dianggap bisa membawa keberuntungan.

4. Makan 12 butir anggur saat tengah malam

Memakan 12 butir anggur tepat tengah malam saat malam pergantian tahun baru disebut akan membuat Anda beruntung sepanjang tahun. 

Mitos ini banyak dilakukan dan berkembang di Spanyol. Namun, sama seperti yang lainnya, mitos ini tidak dapat dibuktikan.

5. Malam berbahaya untuk berkendara

Menurut Washington Post, di sejumlah negara malam tahun baru identik dengan musim hujan dan musim dingin. Kedua musim ini cukup berbahaya untuk  mengemudi, dengan lebih banyak mobil di jalan, cuaca yang sering tidak mendukung, dan jumlah orang yang bersenang-senang dengan alkohol mungkin lebih banyak dari biasanya.

"Ini adalah hari terburuk dalam setahun untuk kecelakaan fatal yang melibatkan pengemudi yang mengalami gangguan," kata juru bicara Institut Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya kepada New York Times pada 2011.

Commonwealth Law Group menyatakan, "Antara pukul 06.00 sore pada 31 Desember dan jam 06.00 pagi pada 1 Januari adalah jam-jam paling berbahaya dalam setahun untuk megemudi atau mengendarai mobil di jalan raya."

Oleh karenanya, malam tahun baru kerap disebut sebagai malam berbahaya untuk berkendara. Sehingga, banyak yang menganjurkan untuk tidak berkendara di tahun baru.

Untuk satu ini, Anda mungkin tidak boleh mengabaikannya karena penting menjadi pengingat untuk tetap berhati-hati dan tidak hanya saat tahun baru, tapi setiap waktu.

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER