Petunjuk Sederhana soal Urutan Skincare untuk Pria

CNN Indonesia
Rabu, 05 Jan 2022 16:15 WIB
Para ahli mengingatkan, demi melindungi kulit tetap sehat, penting untuk menjadikan urutan sederhana skincare untuk pria sebagai bagian dari rutinitas Anda. Ilustrasi. Penting untuk menjadikan urutan skincare pria sebagai bagian dari rutinitas Anda. (Istockphoto/PeopleImages)
, CNN Indonesia --

Perawatan kulit atau skincare bukan saja milik perempuan, melainkan juga pria. Anda tak perlu berbuat banyak untuk memperbaiki atau melindungi bahkan memanjakan kulit. Ada beberapa petunjuk simpel urutan skincare untuk para pria.

Dikutip dari laman kesehatan Web MD dan Healthline, para pria direkomendasikan untuk melakukan penyesuaian paling mendasar demi hasil yang tahan lama. Anda perlu mempelajari cara mengatasi jerawat, iritasi saat bercukur, dan kemunculan garis-garis halus yang entah dari mana asalnya.

Serumit apapun usaha yang Anda tempuh untuk mengharapkan hasil yang baik, perawatan kulit membutuhkan konsistensi. Karena itu para ahli dan dokter meminta pria untuk menjadikan perawatan kulit atau skincare sebagai rutinitas yang tak boleh dilewatkan.


“Jika pria ingin menjaga kulit tampak muda dan sehat, mereka harus menjadikan perawatan kulit sebagai bagian dari rutinitas harian mereka,” kata Mathew Avram, Direktur Pusat Dermatologi, Laser dan, Kosmetik di Rumah Sakit Umum Massachusetts di laman Web MD.

Setidaknya ada tiga langkah urutan skincare pria yang disarankan oleh Dokter William Kwan, dokter kulit bersertifikat di San Francisco, California.

Membersihkan muka jadi urutan pertama skincare pria

Ilustrasi pria cuci mukaIlustrasi. Ada urutan skincare pria sederhana yang bisa diikuti. (iStock/Peopleimages)

Kekeliruan umum yang dilakukan pria adalah tidak mencuci muka setiap pagi. Memang ada pendapat yang menyebut bahwa terlalu sering mencuci muka dapat merusak minyak alami kulit. Tapi ini hanya berlaku jika Anda mencuci wajah setiap malam.

Sedangkan pada pagi hari, Anda perlu memulai segala hal dengan bersih. Jadi, bersihkan pula wajah Anda dan biarkan kulit segar. Jangan membuat kotoran dan polusi semalaman meresap ke pori-pori kulit Anda.

Dokter Kwan merekomendasikan untuk menggunakan pembersih muka dengan busa ringan, sebelum Anda bercukur. Langkah ini penting untuk membantu mengurangi minyak pada permukaan.

Selama tidak memiliki kulit sensitif, Anda dapat menggantinya dengan pembersih eksfoliasi untuk pengalaman bercukur yang lebih baik dan ringan.

Sementara jika kulit Anda berminyak, gunakan handuk panas untuk membersihkan wajah pada pagi hari. Percik air dingin untuk menyegarkan wajah.

Menggunakan serum antioksidan seperti vitamin C

Tanpa disadari, kulit Anda mengalami pelbagai ‘serangan’ dari waktu ke waktu yang mengakibatkan stres oksidatif. Kondisi ini berhubungan dengan reaksi negatif tubuh terhadap hal-hal buruk seperti polusi udara, asap rokok, paparan bahan kimia industri dan, sinar ultraviolet.

“Serum antioksidan seperti vitamin C sangat membantu mengurangi kerusakan dan harus digunakan pada pagi hari di bawah pelembap,” kata Dokter Kwan.

Anda bisa menerapkan langkah ini setelah rutinitas bercukur. Sementara untuk Anda yang berusia di atas 30 tahun, Dokter Kwan merekomendasikan pemakaian retinol guna membantu menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

Rutin melembapkan kulit

Handsome young bearded man trimming his beard with a trimmerIlustrasi. Salah satu urutan skincare pria di antaranya rutin melembapkan kulit. (iStockphoto/AND-ONE)

Wajah pria cenderung lebih berminyak dibanding perempuan, tapi untuk membantu menghindari kerutan, tetap gunakan pelembap harian. Pelembap bisa menjadi tindak lanjut setelah pemakaian serum antioksidan.

Pria dengan kulit normal hingga berminyak bisa mendapatkan kelembapan hanya dengan mengoleskan lotion ringan atau gel untuk menghidrasi kulit. Jika Anda memiliki kulit kering, cobalah krim yang lebih berat.

Laman Healthline merekomendasikan para pria menggunakan pelembap setidaknya SPF 30.

Tabir surya tidak hanya untuk saat berkegiatan di pantai atau berolahraga di luar ruangan. Paparan sinar matahari yang tidak disengaja, seperti waktu yang Anda habiskan ketika perjalanan kereta atau ngopi di teras, berpotensi mengakibatkan kerusakan kulit.

Sementara pada malam hari, pilih pelembap yang ringan tanpa tabir surya.

Namun ada catatan, jika kulit Anda tidak kering, maka tidak perlu menggunakan pelembap pada malam hari. Pelembap itu mirip seperti air minum, lakukan saat Anda membutuhkannya.

Anda bisa mulai menjadikan urutan sederhana perawatan kulit atau skincare untuk pria ini sebagai bagian dari rutinitas.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER