7 Trik Dekorasi Kamar Tidur Kecil agar Terasa Luas dan Cantik

CNN Indonesia
Sabtu, 01 Jan 2022 10:29 WIB
Menata dekorasi pada kamar tidur yang kecil tidaklah mudah. Berikut ini trik menyiasati kamar tidur kecil agar terasa luas dan tetap cantik. Menata dekorasi pada kamar tidur yang kecil tidaklah mudah. Berikut ini trik menyiasati kamar tidur kecil agar terasa luas dan tetap cantik. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidak semua orang bisa memiliki rumah dengan kamar tidur yang luas. Namun bukan berarti kamar kecil Anda tak bisa jadi nyaman.

Dengan beberapa sentuhan, kamar kecil yang Anda miliki tetap bisa tampak cantik. Berikut ini trik dekorasi kamar tidur kecil yang cantik.

Tentu saja saat mendekorasi kamar tidur dengan luas yang terbatas memerlukan beberapa trik tersendiri agar ruangan yang kecil tetap bisa maksimal.


Tantangan terbesar saat memiliki kamar tidur yang kecil adalah membuatnya bisa terlihat luas, namun tetap terlihat cantik. Berikut ini trik menata dan mendekorasi kamar tidur kecil yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Memanfaatkan dinding kosong

Dinding kamar tidur yang biasanya hanya dibiarkan begitu saja, kini bisa dimanfaatkan sebagai ekstra space. Anda bisa menggunakan dinding kosong untuk meletakkan beberapa item untuk membebaskan area bawah.

Beberapa laci kecil atau box bisa Anda tempatkan di dinding kamar tidur sehingga berguna untuk menempatkan beberapa barang.

Penempatan laci atau box dengan konsep gantung akan membuat kamar tidur menjadi lebih estetik dan terkesan luas tak memakan tempat.


2. Pemilihan lampu tidur

Ilustrasi Lampu BohlamTrik dekorasi kamar tidur kecil yang cantik dan menjadi terasa luas dengan pemilihan lampu gantung (Ilustrasi Foto: Unsplash/Pixabay)

Salah satu syarat untuk membuat luas kamar tidur kecil menjadi lebih luas adalah meminimalisasi penempatan perabotan yang diletakkan di lantai.

Contoh kecil adalah lampu tidur yang umumnya diletakkan di atas meja, kini bisa ditempatkan di langit-langit atau digantung.

Anda bisa menempatkan beberapa lampu bohlam untuk gaya klasik atau LED jika menginginkan nuansa yang lebih modern.


3. Pilih lemari bertingkat

Kamar yang kecil tentu menjadi 'musuh' bagi Anda yang gemar mengoleksi pakaian dengan segala perlengkapannya.

Pakaian yang banyak tentu saja membutuhkan lemari yang besar untuk bisa menampung semua pakaian yang Anda miliki.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih lemari pakaian yang bertingkat. Lemari dengan jenis ini tentu saja memberikan ekstra tempat untuk pakaian yang Anda miliki.

Selain itu, kamar tidur terlihat lebih cantik dan lebih estetik dengan lemari bertingkat.


4. Penempatan tempat tidur

Untuk penempatan ranjang pada kamar tidur yang kecil memerlukan teknik khusus dan tak bisa asal taruh saja.

Anda tetap bisa meletakkan ranjang ukuran double meski kamar tidur yang Anda miliki tidak terlalu luas.

Yang perlu diperhatikan adalah penempatan ranjang yang harus diposisikan di sebelah tengah untuk memberikan space tambahan di samping kiri dan kanan.


5. Pemilihan ranjang

Eco cotton linen and blanket on a bed in nature loving family guesthouse for spring and summer vacation. Real photo.Trik dekorasi kamar tidur kecil yang cantik dan menjadi terasa luas dengan pemilihan ranjang yang tepat dan multifungsi (Foto: iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)

Trik dekorasi kamar tidur kecil agar terlihat cantik selanjutnya adalah pemilihan ranjang yang tepat.

Jika biasanya pada bagian bawah ranjang tempat tidur hanya dibiarkan kosong, maka sebaiknya Anda memilih ranjang dengan laci yang berada di bawahnya.

Laci ini bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan alas kaki atau pakaian yang Anda miliki dengan lebih rapi dan juga cantik.


6. Perabotan multifungsi

Perabotan multifungsi menjadi item wajib jika Anda ingin menempatkannya pada kamar tidur yang berukuran kecil.

Seperti perabotan yang fleksibel dan mudah dilipat yang tidak akan menyita banyak ruangan pada kamar tidur namun tidak mengurangi tingkat kegunaan dari peralatan tersebut.

Pilihlah kursi, meja, atau peralatan lain yang bisa dilipat. Jadi Anda bisa menyembunyikan perabotan itu saat tidak digunakan.


7. Pintu kamar tidur

Seringkali pintu pada kamar tidur menjadi salah satu objek yang luput dari perhatian pada saat mendekorasi sebuah ruangan. Tentu saja hal ini tak menjadi soal saat Anda memiliki kamar yang luas, Anda bisa menempatkan pintu dengan sesuka hati.

Namun berbeda halnya saat yang Anda miliki adalah ruangan yang kecil. Penempatan pintu menjadi sangat krusial. Pintu konvensional yang didorong nyatanya akan menyita banyak ruangan pada saat dibuka dan juga ditutup.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan pintu dengan model sliding door yang menggunakan lebih sedikit ruang untuk berfungsi. Selain hemat tempat, pintu jenis ini juga terlihat lebih cantik dan sesuai dengan konsep minimalis.

Itulah trik dekorasi kamar tidur kecil agar terlihat cantik yang bisa Anda coba.

(ahd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER