Ciri-Ciri Penis yang Sehat, dari Bentuk hingga Ukuran

tim | CNN Indonesia
Minggu, 02 Jan 2022 19:37 WIB
Penis yang sehat dan normal tentu saja sangat penting bagi seorang pria. Berikut ini kenali ciri-ciri penis yang sehat. Penis yang sehat dan normal tentu saja sangat penting bagi seorang pria. Berikut ini kenali ciri-ciri penis yang sehat. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Diy13)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagai salah satu organ reproduksi yang dimiliki seorang pria, kesehatan penis tentu harus diperhatikan. Memiliki ciri penis yang sehat tentu saja akan memperbesar peluang seorang pria bisa membuahi dan memiliki keturunan.

Namun sayangnya, banyak pria yang tidak terlalu peduli atau memperhatikan dengan kondisi penis yang dimilikinya. Padahal jika kondisi penis tidak sehat bisa mengakibatkan terganggunya fungsi dari penis itu sendiri.

Bahkan tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa membuat seorang pria sulit untuk bisa mendapatkan momongan.


Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ciri-ciri dan karakteristik penis yang sehat.


Bentuk Penis

Banana as a symbol of male penis in hand on a yellow background hidden by censorship. Sexual masturbation and orgasm, impotence problem. Self-pleasure concept.Bentuk lurus maupun melengkung selama tidak mengalami keluhan sakit atau mengganggu aktivitas seksual, dianggap sebagai salah satu ciri penis yang sehat (Foto: iStockphoto/Andrii Zastrozhnov)

Apakah penis yang Anda melengkung? Jika jawabannya iya, maka Anda tak perlu risau. Penis yang memiliki bentuk melengkung nyatanya merupakan kondisi normal, sama halnya dengan bentuk penis lurus.

Pada umumnya penis memang cenderung melengkung atau bengkok ke salah satu arah.

Bisa condong melengkung ke bawah, ke atas, atau ke samping menyerupai C, mengutip Healthline. Asalkan penis Anda melengkung tak lebih dari 15 derajat, kondisi ini masih sangat normal.

Namun jika penis Anda melengkung lebih dari 15 derajat sehingga mengganggu penetrasi seksual, maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Hal ini biasanya diakibatkan karena mengumpulnya plak dalam penis atau dalam istilah medis dikenal dengan istilah peyronie disease.

Tekstur Penis

Ciri-ciri dan karakteristik penis yang sehat berikutnya mengenai tekstur dari penis itu sendiri.

Sebagian besar penis umumnya memiliki tekstur yang tidak halus mulus. Tekstur yang kasar dan tak jarang otot yang membesar, dapat terlihat saat ereksi.

Pada beberapa individu, batang penis juga memiliki folikel rambut dan ini masih dianggap sebagai kondisi yang normal.


Ukuran Penis

Ilustrasi ukuran penisCiri penis yang sehat ditandai dengan ukuran penis yang berubah saat ereksi maupun menyusut (Ilustrasi Foto: iStockphoto)

Tak hanya bentuk yang beragam, ukuran penis juga demikian tergantung dari faktor genetik yang dibawa oleh seorang pria.

Saat kondisi normal, rata-rata panjang penis pria dewasa Indonesia berkisar antara 5 hingga 10 cm. Pada saat ereksi, penis akan memanjang antara 12 hingga 19 cm.

Saat berada dalam kondisi udara yang dingin, penis akan menyusut dan hal ini normal. Penis akan mengembang ke bentuk semula saat mendapatkan suhu yang normal.

Pada pagi hari atau saat menerima rangsangan, penis akan ereksi. Ini merupakan salah satu cara tubuh untuk menjaga kesehatan dan bentuk dari penis itu sendiri.

Akan tetapi, kebiasaan merokok ternyata juga bisa membuat ukuran penis menyusut. Zat beracun yang terdapat pada rokok menyebabkan terhambatnya aliran darah sehingga memengaruhi kemampuan penis mengalami ereksi dan mempertahankannya, merujuk Medical News Today.

Warna Penis

Penis yang sehat memiliki warna yang sama dengan rona kulit pemiliknya atau bisa juga 1 hingga 2 tingkat lebih gelap atau juga lebih terang.

Warna penis juga akan sedikit gelap pada saat seorang pria mengalami ereksi akibat dari rangsangan. Tak jarang ketika ereksi ataupun mendapat rangsangan seksual, warna penis bisa sedikit kemerahan atau keunguan.

Hal tersebut lazim terjadi karena pembuluh darah dalam penis melebar sehingga aliran darah yang masuk akan lebih banyak.

Namun jika menemukan bercak-bercak pada penis dan tak kunjung menghilang serta dibarengi dengan rasa sakit, maka ada baiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter.

Seperti anggota tubuh yang lain, penis seorang pria dengan pria lain pasti memiliki perbedaan dan kondisi tersebut merupakan hal yang wajar. Asalkan semuanya masih berfungsi secara normal dan tak menimbulkan keluhan seperti sakit atau nyeri, maka Anda tak perlu khawatir.

Di samping itu, menjaga kesehatan penis juga penting dilakukan agar tidak muncul masalah penyakit di kemudian hari. Untuk memiliki penis yang sehat, Anda harus memperhatikan gaya hidup dan juga aktivitas seksual yang sehat.

Mengonsumsi makanan yang bergizi, olahraga teratur, tidak merokok, serta tidak bergonta-ganti pasangan seksual menjadi salah satu cara untuk memiliki penis yang sehat.

Itulah karakteristik dan ciri-ciri penis yang sehat.

(ahd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER